News One Stop Organic Salebak, Wujudkan Kemandirian Petani

One Stop Organic Salebak, Wujudkan Kemandirian Petani

sisiusaha (20/10)

One Stop Organic System merupakan sebuah sistem Pola Tanam Organik (PTO) salebak, dimana semua kebutuhaan dipenuhi secara mandiri. Mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, pemupukan, perawatan hingga pemanenan.

One Stop Organic didesign agar supaya petani yang tergabung dalam kelompok tani memiliki efisiensi dan added vallue (nilai tambah). System ini fokus kepada struktur biaya produksi Pola Tanam Organik agar menjadi lebih efisien serta produktifitas tanaman, sehingga akan meningkatkan laba bersih saat panen.

Target yang diharapkan adalah sebuah kemandirian petani akan ketersediaan benih, pupuk dan pestisida organik, sehingga ketergantungan petani kepada pihak lain untuk semua kebutuhan Pola Tanam Organik menjadi sangat minim.

Salebak bersama kelompok tani di Palasari Eco Village Anadopah, Sukahurip, Ciamis telah menerapkan system One Stop Organic untuk produksi Pola Tanam Organik pada lahan kelolaan sendiri. Selain itu system ini juga diajarkan kepada kelompok tani binaan di wilayah lainnya.

Dalam system ini diperlukan pupuk organik yang menjadi kebutuhan utama yaitu:

Ziolit
Kompos
Embrio
MOL (Micro Organisme Lokal)
POC (Pupuk Organik Cair)
Pesnab (Pestisida Nabati)

System ini mewajibkan kepada kelompok tani untuk membuat semua kebutuhan pupuk tersebut secara mandiri dan berkelanjutan.

Salebak selalu terbuka bagi kelompok tani, dunia pendidikan maupun kalangan umum yang ingin mempelajari One Stop Organic System ini. (RED)

 

Baca Juga: Salebak Ajak Masyarakat Belajar Pola Tanam Padi Organik Langsung di Lahan

Rekomendasi

Baca Juga