News Salebak Ajak Masyarakat Belajar Pola Tanam Padi Organik Langsung di Lahan

Salebak Ajak Masyarakat Belajar Pola Tanam Padi Organik Langsung di Lahan

sisiusaha (03/09)

Kesadaran masyarakat modern terhadap pentingnya kesehatan sudah menjadi trend yang positif, bahkan pola hidup sehat itu merupakan sebuah identitas seseorang yang berkualitas. Pola hidup sehat adalah serangkaian aktifitas dalam berkehidupan, mulai dari memilah asupan yang masuk ke dalam tubuh, menghindari berlebihnya paparan unsur kimia buatan, sampai menjaga kebugaran tubuh dan pikiran yang sehat. Salah satu dari variable itu adalah makanan dasar orang Indonesia yaitu nasi, nasi yang dihasilkan dari beras organik menjadi incaran masyarakat modern. Untuk itu Salebak ajak masyarakat belajar pola tanam organik di lahannya.

Alangkah bagusnya kalau kita memahami apa yang kita makan, apa yang terkandung di dalamnya serta manfaat apa yang kita dapat, ungkap Dadang Suherman, General Manager Salebak. Banyak sumber yang bisa didapat dalam mempelajari hal itu, akan tetapi akan lebih baik belajar langsung ke tempat dimana pola tanam organik dilakukan, lanjutnya.

Dadang lebih lanjut mengatakan, Salebak bersama kelompok tani di Palasari Eco Village, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, akan selalu terbuka menerima masyarakat yang peduli dengan pertanian organik untuk belajar mulai dari penyiapan lahan hingga memanen, bagaimana dan apa saja yang dibutuhkan, termasuk juga cara pengendalian hama saat perawatan tanaman yang juga tanpa menggunakan bahan kimia pabrikan. Semua itu menggunakan organik, jadi kita benar benar tanpa paparan unsur kimia industri. Bahkan Dadang menjamin bahwa air yang dibutuhkan untuk mengairi sawah organik langsung dari mata air gunung yang mengalir ke sawah tanpa melewati lahan yang tercemar kimia.

Sangat penting bagi masyarakat untuk mengenal dan memahami bagaimana proses tanam pola organik dilakukan, sehingga nantinya bisa membedakan mana beras organik yang benar-benar terjaga kualitas keorganikannya, dengan beras yang katanya "organik". Hal ini dikarenakan harga jual beras organik lebih mahal dibanding beras non organik, ucapnya. Sehingga tidak tertutup kemungkinan pedagang beras nakal yang hanya mencari keuntungan sendiri mengatasnamakan organik.

Untuk itu Salebak yang juga memproduksi padi organik, berkewajiban moral memberikan pengatahuan seputar pertanian organik, agar masyarakat tidak tertipu, Tutupnya. (RED)

 

Baca Juga: 

Salebak, Anak Usaha Sisiusaha Kelola Lahan Palasari Eco Village di Ciamis Guna Meningkatkan Pendapatan Petani

Rekomendasi

Baca Juga