News Salebak, Anak Usaha Sisiusaha Kelola Lahan Palasari Eco Village di Ciamis Guna Meningkatkan Pendapatan Petani

Salebak, Anak Usaha Sisiusaha Kelola Lahan Palasari Eco Village di Ciamis Guna Meningkatkan Pendapatan Petani

(sisiusaha, 29/08)

 

Berangkat dari kepedulian PT. Sisiusaha Komunika Global, induk usaha Sisiusaha terhadap sektor pertanian organik dan wisata desa yang memiliki potensi besar akan tetapi masih lambat dalam pengembangannya. Untuk itu Sisiusaha membentuk usaha baru Salebak, yang khusus menangani pengembangan pola tanam organik, sarana pembelajaran tentang pertanian organik serta membangun kawasan wisata eco village.

Bertempat di Dusun Palasari, Desa Sukahurip, Kabupaten Ciamis, Salebak melakukan sebuah terobosan dalam bidang pertanian organik, dimana secara langsung dan bekerja sama dengan masyarakat yang menjadi kelompok petani melakukan penanaman berbagai jenis komoditi dengan menerapkan pola tanam organik. Hal ini nantinya diharapkan akan memberikan nilai tambah (added value) secara ekonomi dan pendapatan para petani yang tergabung.

Tidak hanya itu, salebak juga melakukan pengemasan dan penjualan komoditas organik yang dihasilkan melalui berbagai cara. Salebak juga akan membuat wisata edukasi bagi anak sekolah dan masyarakat umum tentang pengenalan tentang pola tanam pertanian dan perkebunan organik, sehingga masyarakat akan lebih memahami manfaat dari komoditas organik yang dihasilkan.

Selama ini sudah mulai banyak petani tradisional yang menerapkan pola tanam organik, namun hasilnya masih belum dapat pengakuan baik secara pasar maupun harga jual, berbeda dengan yang dilakukan oleh investor besar yang membuka industri pertanian atau perkebunan organik, mereka dapat menikmati harga jual tinggi dari hasil komoditasnya, karena mereka mampu untuk melakukan banyak hal. Sementara pola tanam yang dilakukan, bibit, pupuk dan pestisida organik yang digunakan sama persis dengan yang dilakukan oleh petani tradisional.

Merasa mendapat ketidakadilan dalam harga jual, maka Salebak membuat konsep terpadu melalui terobosan pengenalan pola tanam organik dengan wisata edukasi serta eco village resort yang bertujuan untuk membentuk sebuah pengakuan terhadap hasil komoditas pertanian maupun perkebunan agar mendapat pengakuan secara kualitas organik yang berujung kepada harga jual.

"Kita semua memahami bahwa ada perbedaan harga jual produk pertanian organik dengan non organik, dimana harga produk organik lebih tinggi dibanding harga non organik, namun masih banyak kenyataan yang kita temui di lapangan bahwa produk organik petani tradisional hanya dihargai sebagai produk non organik yang notabene bernilai rendah. Ini adalah sebuah ketidakadilan yang nyata," kata M Abduh Baraba (Komisaris Utama PT. Sisiusaha Komunika Global). Untuk itulah Kita (Sisiusaha-red) membentuk Salebak, sebuah anak usaha baru yang secara khusus manangani persoalan tersebut.

Tak hanya disitu, Abduh juga berjanji akan membuat terobosan dalam pengelolaan kawasan Desa Wisata terpadu yang nanti hasilnya akan dinikmati juga oleh masyarakat sekitar, bukan oleh investor rakus yang selama ini hanya bernafsu mengeruk semua sumber daya yang ada secara massif.

Bertempat di lereng Gunung Syawal, Dusun Palasari, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang memiliki ketinggian 1000mdpl dengan kualitas tanah, alam dan suhu yang ideal, pada tahap awal Salebak akan melakukan pola tanam organik dengan lahan seluas 80Ha. Yang nantinya dalam kawasan tersebut juga akan dilengkapi laboratorium organik mini atau lahan percobaan dari berbagai jenis komoditas tanaman.

Laboratorium ini nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan dasar dan masyarakat umum untuk lebih mengenal apa itu organik dan bagaimana pola tanamnya, selain itu kedepan juga akan dibangun resort dengan konsep eco village tutupnya. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga