Trivia Startup Atau Usaha Rintisan Perlu Modal? Ini 5 Investor Yang Siap Bantu

Startup Atau Usaha Rintisan Perlu Modal? Ini 5 Investor Yang Siap Bantu

sisiusaha (10/8)

creative people.. Anda seorang yang memiliki ide dan sedang mengembangkannya untuk menjadi sebuah bisnis, atau bahkan telah memulai bisnis? Tentunya dalam bisnis diperlukan modal, ketika sulit mencari sumber dana, coba hubungi 5 investor ini yang siap bantu permodalan startup atau usaha rintisan.

Pertumbuhan startup di Indonesia terus meningkat, dan bahkan hampir setiap bulan, bisa dibilang kini selalu ada saja startup baru yang lahir, dengan produk dan layanan yang unik. Besarnya potensi bisnis dari pelaku usaha startup ini, mendorong pula lahirnya para investor.

Indonesia sendiri memiliki investor yang siap memberikan modal bisnis rintisan, khususnya di bidang teknologi digital. Hal ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis startup untuk mengakselerasikan bisnis kamu dengan mengejar investor lokal.

Berikut adalah daftar 5 investor ternama indonesia yang siap memberi suntikan modal untuk bisnis rintisan yang memiliki ide, nilai jual tinggi dan tim yang solid.

1. Angel eQ Network
Angel eQ Network atau Angel Investor Network adalah jaringan teknologi pertama di Indonesia yang fokus pada investor. Didirikan pada 2015 oleh para pengusaha profesional dan berpengalaman dan berbagi passion yang sama dan berbagi visi akan pentingnya teknologi informasi bagi kemajuan ekonomi sebuah negara.

Sebagai jaringan primer investor, Angel eQ Network bertujuan untuk meningkatkan ekosistem enterpreneurship di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Melalui inovasi, kreativitas, dan teknologi untuk menjadikan bisnis rintisan atau startup luar biasa dengan memberi dukungan pendanaan dari investor pada pendirinya.

Angel eQ siap mendanai startup yang dianggap layak untuk diberikan investasi. Tentunya AEQ punya kriteria tersendiri dan akan menyeleksi terlebih dahulu startup yang akan didanai. Selain itu Angel eQ juga akan membimbing startup yang didanainya untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan.

2. EMTEK Indonesia
EMTEK Grup didirikan pada1983, perusahaan yang menyediakan layanan komputer pribadi. Kini grup EMTEK telah berkembang menjadi kelompok terpadu perusahaan moderen dengan tiga divisi bisnis utama, yaitu: Media, Telekomunikasi & IT solutions, dan Konektivitas.

Di 2015 EMTEK melakukan investasi pada beberapa bisnis startup dan portal terkemuka, baik secara langsung maupun tidak langsung bersama dengan pertumbuhan industri media online.

EMTEK merupakan salah satu investor yang paling aktif di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari startup-startup terkenal yang meraih pendanaan oleh EMTEK seperti Bukalapak, HijUp, Bobobobo, Kudo dan beberapa perusahaan e-commerce lain.

Artikel Terkait: Tips Agar Usaha Anda Dilirik Angel Investor

3. Angel Investor Network Indonesia (ANGIN)
ANGIN telah berkembang menjadi jaringan terbesar investor bernilai tinggi di Indonesia yang bekerja sama untuk terlibat dalam investasi dan mentoring. Angel investor di ANGIN telah berpengalaman dan mereka adalah pemimpin bisnis yang sukses pada bidangnya (media, real estate, FMCG, sumber daya alam) dan mereka berkomitmen untuk mendanai entrepreneur di berbagai industri termasuk teknologi.

Para investor di ANGIN tidak segan untuk memberikan waktunya kepada founder startup untuk mematangkan bisnisnya. Beberapa startup yang didanai oleh ANGIN adalah Kargo, Berrykitchen, Kitabisa.com, dan lain-lain.

4. Ideabox
Ideabox adalah perusahaan join venture antara Indosat Ooredoo, Mountain Partners, dan Kejora untuk meningkatkan penampilan Indonesia Startup melalui dana investasi tahap awal dan akselerator teknologi pemenang penghargaan yang berfokus pada sektor internet dan telekomunikasi.

5. Sinar Mas Digital Ventures (SMDV)
Sinar Mas adalah brand dari perusahaan yang bergerak melalui 6 pilar bisnis: Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Properti, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur yang meski masing-masing dikelola secara independen, namun disatukan kesamaan nilai dan histori perusahaan. Kini memiliki Venture Capital alias investor yang menyuntik modal untuk pengembangan bisnis startup.

Sinar Mas Digital Ventures (SMDV), yakni Venture Capital (VC) alias investor yang menyuntik modal untuk pengembangan bisnis startup. Sinar Mas menjadi investor untuk mendorong bisnis perusahaan perintis digital (startup) di dalam negeri.

Beberapa startup yang pernah didanai SMDV adalah Female Daily Network, Snapcart, HappyFresh dan lain-lain. (RED)

 

Baca Juga: 

Kostoom, Startup Penjahit Indonesia Berlomba Cari Dana Ke Eropa

Plug And Play 'Mak Comblang' Startup Dengan Investor

Rekomendasi

Baca Juga