Trivia Manfaatkan Kayu Bekas Jadi Furnitur Cantik dan Kreatif

Manfaatkan Kayu Bekas Jadi Furnitur Cantik dan Kreatif

sisiusaha (25/7)

creative people.. Kebutuhan kayu untuk perumahan, dari pondasi hingga furniture dan hiasan rumah tak akan pernah menurun. Sayangnya, dari penggunaan kayu sering ada kayu bekas yang tak terpakai. Salah satunya adalah kayu palet. Kayu palet adalah kayu bekas pengemasan barang-barang besar (biasanya untuk pengiriman ekspedisi antar pulau atau ke luar negeri atau pengiriman jarak dekat namun barang mudah pecah dan berukuran besar.

Kayu bekas palet berbentuk batangan-batangan kayu dengan lebar sekitar sepuluh sentimeter dan tebal bervariasi. Ketika kayu palet sudah tidak digunakan, beberapa orang akan menjualnya atau memberikannya secara cuma-cuma untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan hingga furniture dengan berpegang pada konsep reuse, recycle, bahkan upcycle yang menjadikan barang bekas lebih berguna dan lebih bagus dari bahan asalnya. Di Indonesia, kayu palet disebut juga kayu jati Belanda.

Kayu palet dapat dimanfaatkan menjadi furniture seperti meja, kursi, bahkan sofa, bisa. Merasa dapat berkreasi lebih dengan kayu palet? Buatlah hiasan rumah seperti jam dinding, ambalan, gantungan lampu dinding, dan bahkan tempat tisu. Saat ini bahkan banyak orang yang membuka usaha pembuatan furniture dengan bahan dasar kayu palet.

1. Meja tamu multifungsi dari kayu palet bisa sekaligus untuk tempat menyimpan buku

2. Kursi single-seat ini cocok buat teras atau ruang santai

3. Ingin membuat kafe kecil-kecilan? Biar hemat, pakai kayu palet aja

4. Suka desain minimalis? Buat side-table di kamar seperti ini aja

5. Menikmati sore sambil ngopi di sini pasti nikmat banget

6. Dengan pewarnaan yang baik, meja dari kayu palet jadi outstanding di ruanganmu

7. Untuk kesan yang ringan, lapisi kayu palet dengan cat putih sehingga ruangan terasa lebih terang dan ceria

Sangat mudah cara membuatnya, Cukup siapkan kayu bekas palet, paku, palu, gergaji, dan cat jika dibutuhkan. Kalau bisa bikin yang bagus dan murah, kenapa harus cari yang mahal? (RED)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat