Trivia Barista Robot Layani Pelanggan di Kedai Kopi

Barista Robot Layani Pelanggan di Kedai Kopi

sisiusaha (02/2)

creative people.. Saat pesan kopi di kedai ternyata tidak selalu dilayani oleh manusia, barista robot juga dapat layani pelanggan di kedai kopi. Membeli kopi butuh waktu dan kadang rasanya tidak selalu konsisten, akan tetapi robot barista hadir sebagai solusi meracik kopi.

Teknologi robot sudah mulai masuk dalam industri makanan dan minuman. Sebelumnya telah ada robot pramusaji, pengantar makanan hingga robot pembuat sushi. Kinipun sudah ada robot barista di kafe.

Pertama kali diperkenalkan di Hong Kong, Café X membuka lokasi keduanya di AMC Metreon di San Francisco pada 30 Januari lalu. Di kafe ini, pelayanan seluruhnya dilakukan oleh robot.

Pengunjung dapat memesan kopi lewat layar sentuh di kafe ini atau aplikasi Café X di smartphone. Ada 3 varian biji kopi yang disediakan yaitu AKA Coffee, Verve Roasters atau Peet's Coffee. Tambahan susu, gula dan jenis kopi pun bisa dipilih.

Saat pesanan masuk, robot industri dari Mitsubishi ini akan segera membuatnya dalam beberapa detik. Saat kopi jadi, pengunjung akan mendapatkan pemberitahuan nomor antrian lewat smartphone, sekitar 1 menit kemudian. Selanjutnya, pengunjung tinggal memasukkan nomor tersebut di layar sentuh di counter robot dan kopi pun siap dibawa. Jika dalam 6 menit tidak ada yang mengambil, kopi otomatis dibuang.

Walau sangat mudah membayangkan robot akan menggantikan tenaga manusia di kafe di seluruh dunia, pendiri Café X, Henry Hu mengatakan hal tersebut bukan tujuannya. Ia hanya melakukan pelayanan dengan lebih cepat dan tetap menyajikan kopi berkualitas.

"Robot barista tidak akan menggantikan barista asli atau pengalaman minum di kafe yang banyak sukai orang, kami tidak bermaksud melakukan itu. Apa yang kami tawarkan adalah pengalaman terbaik yang mungkin untuk orang yang mencari kopi cepat saji dengan rasa yang konsisten," ujar Hu dalam rilis dikutip dari mentalfloss.com (31/1/17)

Café X sendiri bukannya tidak menggunakan tenaga kerja, beberapa orang tetap akan ditempatkan di kafe untuk menjawab pertanyaan seputar kopi dari pelanggan.

Namun dari segi biaya, kurangnya tenaga kerja membuat harga kopi Café X lebih murah. Untuk kemasan 230 ml (ukuran kecil) yang biasa harganya $4-$5 (Rp53.000–Rp67.000) menjadi $2,25 (Rp30.000). Jauh lebih murah. Direncanakan, Café X juga akan memperluas bisnisnya dengan membangun lokasi selanjutanya di Fremont,California. (MAB/RED)

Rekomendasi

Baca Juga