Trivia Kreatif, Bunga Kertas Kreasi Yana Ini Mampu Hasilkan Rp16 Juta/Bulan

Kreatif, Bunga Kertas Kreasi Yana Ini Mampu Hasilkan Rp16 Juta/Bulan

sisiusaha (26/12)

creative people.. Banyak cara kreatif untuk menghasilkan uang, seperti bunga kertas kreasi Yana ini yang mampu menghasilkan Rp16 juta/bulan. Kreativitas yang dibalut dengan dengan media sosial menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Hal itu telah dibuktikan oleh Yana Ristia seorang perajin bunga yang dibuat dari kertas alias paper flower.

Dikutip dari Okezone, Yana mengungkapkan, ide bisnisnya berawal ketika dirinya hendak dilamar oleh kekasihnya pada 8 Agustus 2016. Saat itu ia ingin rumahnya tampak berbeda demi menyambut keluarga kekasihnya yang hendak silaturahmi ke rumah.

"Saya butuh dekorasi ruangan, tapi yang enggak biasa dengan yang lain. Munculah ide bikin paper flower. Saya belajar dari Youtube," kenangnya. Tak disangka, ternyata Yana memiliki bakat untuk membuat paper flower. Bunga-bunga kertas penuh warna tampak indah menghiasi dinding rumahnya. Merasa bangga dengan hasil jerih payahnya itu, Yana lantas mengunggahnya ke akun media sosial seperti Instagram dan Path.

Niat awal hanya untuk pamer, ternyata teman-temannya antusias dengan paper flower buatannya. Dari situlah terbesit ide untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. "Sebenarnya pacar saya yang dorong untuk jadi bisnis. Dia bilang ke teman-temannya untuk re-post postingan foto itu. Kalau di repost bakal dapat diskon 50%. Benar saja banyak yang repost," tuturnya.

Dengan respons yang positif, wanita berusia 24 tahun itu pun semakin yakin untuk mendirikan bisnis. Pada awal September 2016 akhirnya Yana mendeklarasikan bisnisnya dengan membuat akun instagram paper_flower_jkt yang kini menjadi bendera bisnisnya. Saat itu dia menghargai 1 paket sebanyak 35 bunga kertas seharga Rp350 ribu. Namun, karena terlalu nafsu mendirikan bisnis, Yana belum mendapatkan hitung-hitungan yang tepat untuk mendapatkan margin profit.

"Dari segi material sebenarnya tidak rugi. Tapi pengerjaannya itu susah banget. Saya merasa untungnya belum sesuai dengan apa yang saya kerjakan," katanya. Yana mengaku, untuk mengerjakan pesanan yang datang sebanyak 7-11 pesanan per minggu, ia harus rela begadang semalaman. Akhirnya Yana me-review kembali hitung-hitungan bisnisnya. Yana mematok harga yang terdiri dari 3 paket, yakni Rp500 ribu, Rp750 ribu dan Rp1 juta.

Selain itu, Yana juga memberdayakan ibu-ibu di sekitar rumahnya untuk membuat bunga-bunga kertas tersebut. Ada sekira 4-5 ibu-ibu yang diberdayakannya dengan bayarannya Rp33 ribu-Rp53 ribu per bunga tergantung tingkat kerumitannya. Saat ini Yana hanya menyortir bunga-bunga yang telah dibuat oleh ibu-ibu tersebut. "Sampai sekarang masih terima terus ibu-ibu yang mau belajar. Semakin banyak semakin banyak juga pesanan yang bisa ditampung," tuturnya. (EKA/RED)

sumber: okezone.com

Baca Juga:
Salam Rancage, Merubah Koran Bekas Menjadi Uang
Selain Ukir Di Jepara Juga Ada Tenun Ikat
Desa Wisata Krebet Jogja, Daerah Kapur Tandus Yang Kreatif

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat