Trivia Isi Liburan Anak Dengan Sedekah Kreatif Dan Mudah

Isi Liburan Anak Dengan Sedekah Kreatif Dan Mudah

sisiusaha (24/12)

creative people.. Sedekah itu yang penting niat, tidak perlu merencanakan sedekah dengan hal besar, cukup lakukan sedekah dengan kreatif dan sederhana namun tetap memiliki makna bersedekah dan Insyaa Allah pahala akan tetap didapat. Mengajarkan hal baik kepada anak sejak kecil akan membekas dan terbawa menjadi kebiasaan hingga dewasa.

Berikut cara sedekah kreatif dan mudah yang dapat dilakukan bersama anak-anak sambil mengisi waktu liburan. Biarkan anak melihat kebaikan yang orang tua dan lingkungannya, karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat.

Siapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke yang kira2 membutuhkan seperti Pedagang kecil, Pengemis, Orang gila, Pengamen jalanan, Anak terlantar atau lainnya. Tidak perlu banyak, cukup sesuaikan dengan kemampuan

Laundry atau cucikan mukena di musholla yg ada disekitar lingkungan kita dan juga dapat secara berkala beli mukena baru, yang lama dapat disedekahin. Bawa Mukena ketika akan berpergian dan tinggalkan di masjid atau musholla. Beli juga kamper pengharum baju lalu letakkan di kumpulan mukena di masjid atau musholla yg kita singgahi

Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an) berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. 1 parcel senilai puluhan ribu, pahalanya bisa terus-terusan.

Beli beberapa pasang sandal (banyak yang 10ribuan sepasang). Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu.

Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan berikan secara berkala ke masjid atau musholla.

Pada hari jum'at ketika akan sholat shalat Jum'at, datang lebih awal ke masjid dan ikut bantu beres-beres mempersiapkan.

Kumpulkan botol minuman plastik atau botol bekas shampoo dan lainnya, rusak dulu, misal patahkan tutup botolnya agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung. Buat kita tidak ada harganya, tapi bagi mereka sangat berharga.

Beli barang diskon di supermarket agak banyak, seperti detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian kemas dan bungkus yang rapih lalu hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar belikan mereka seporsi makanan seperti yang kita makan.

Jika kita akan bepergian keluar rumah bawa kendaraan, tawarkan kepada tetangga, teman atau saudara kita yang searah. Tapi ingat tidak dianjurkan menawarkan ajakan bagi lawan jenis, hal ini untuk menghindari fitnah.

Bongkar lemari kita, sumbangkan baju layak yang mungkin sudah tidak kita kenakan lagi. Atau sedekahkan beberapa potong baju lama saat kita membeli baju yang baru.

Membeli setidaknya 1 dus air kemasan, simpan di mushola atau majlis ta’lim di dekat rumah kita. Minimal seminggu sekali.

Membantu tetangga saat mereka membutuhkan bantuan kita. Jika punya makanan banyak berbagilah dengan mereka.

Jika ada tetangga yang sakit, jenguklah dan jika mereka keluarga yang kurang mampu sisihkan uang kita untuk tambahan biaya berobat mereka. (EKA/RED)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat