Trivia 1001buku, Komunitas Yang Mencerdaskan Anak-Anak

1001buku, Komunitas Yang Mencerdaskan Anak-Anak

sisiusaha (20/12)

creative people.. Buku merupakan sumber pengetahuan, membaca buku menjadi banyak tau mengerti akan sesuatu. Menanamkan kebiasaan membeca sejak kanak-kanak akan menjadi bekal ketika mereka dewasa. 1001buku, komunitas yang mencerdaskan anak-anak ini peduli akan bacaan untuk anak-anak dan mampu memberikan pencerahan betapa pentingnya membaca buku.

1001buku didirikan pada bulan Mei 2002 oleh Upik Djalins, Ida Sitompul dan Santi Soekanto, tiga perempuan yang sangat prihatin atas terbatasnya akses sebagian besar anak Indonesia pada buku berkualitas. 1001buku lahir dengan harapan bahwa kontribusinya dapat membantu taman-taman bacaan anak komunitas mengantarkan ribuan buku untuk anak-anak; buku-buku yang akan membawa anak-anak itu menuju 1001 imajinasi laiknya kisah 1001 malam.

Setelah berkiprah dalam bentuk Komunitas berbasis relawan selama hampir 4 tahun, pada Oktober 2006, 1001buku memantapkan diri untuk berbadan hukum sebagai Yayasan agar menjadi institusi yang lebih profesional, bertanggung jawab dan bertanggung gugat terhadap masyarakat sambil tetap mengakomodasi bentuk keunikan Komunitas 1001buku yang berbasis relawan. Setelah melalui berbagai macam pasang surut, Yayasan 1001buku akhirnya terbentuk secara resmi pada tahun 2012.

Salah satu kegiatan inti dari 1001buku adalah melakukan pembinaan ke perpustakaan dan taman bacaan anak yang ada di seluruh Indonesia, dengan melakukan pengembangan kapasitas dan menyalurkan bahan bacaan sumbangan masyarakat secara reguler.

Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku merupakan sebuah wadah bagi beragam taman bacaan swadaya masyarakat untuk saling memberi dalam mewujudkan misinya. Yayasan dan Komunitas 1001buku berkomitmen untuk memfokuskan diri dalam memberikan pembinaan melalui berbagai kegiatan untuk menggiatkan anggota jaringan. Tiap taman bacaan dapat mendaftarkan diri untuk bergabung, dan bersama-sama melangkah maju bersama 1001buku.

Selain itu, sejak Oktober 2014 Komunitas 1001buku juga mengembangkan sebuah taman baca kecil di Rumah 1001buku, tempat kegiatan kerelawanan komunitas dipusatkan. Kampanye Literasi dan Minat Baca juga merupakan salah satu bentuk aktivitas 1001buku dalam usahanya mencapai misi 1001buku untuk membuat anak-anak Indonesia gemar membaca.

Ketersediaan bahan bacaan bukanlah jaminan bahwa seorang anak akan terbuka matanya akan keindahan dunia yang disajikan oleh pelangi yang ditawarkan oleh buku-buku yang melimpah. Dengan demikian, sesekali 1001buku ikut serta baik secara aktif dalam menggiatkan kebiasaan membaca untuk anak Indonesia.

1001buku acap kali ikut serta dalam event-event yang diadakan oleh para sponsor dan rekanan. Pameran-pameran, acara-acara CSR perusahaan, atau bahkan kegiatan-kegiatan kecil penguatan relawan, merupakan sarana yang pernah digunakan 1001buku untuk senantiasa membuka mata masyarakat betapa pentingnya budaya baca bagi anak Indonesia. (MAB/RED)

Baca Juga:
NulisBuku.com, Self-Publishing Online Pertama di Indonesia
Buku Inilah Masa Depan Ekonomi Kreatif Indonesia Dirancang

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat