Trivia Beritagar, Media Online Berbasis Robot Dan Data

Beritagar, Media Online Berbasis Robot Dan Data

sisiusaha (16/12)

creative people.. Perkembangan teknologi telah merambah berbagai bidang, salah satunya adalah jurnalisme. Situs berita Beritagar.id sebagai media online berbasis robot dan data pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi computer-assisted reporting (pelaporan dengan bantuan komputer) yang berbasis Machine Learning dan Natural Language Processing buah karya Jim Geovedi dan tim Rekanalar.

Beritagar.id baru didirikan pada 24 Agustus 2015 di Indonesia. Situs ini merupakan gabungan dari situs kurasi berita Beritagar.com dan situs kurasi publik Lintas.me yang memutuskan untuk bersinergi menghadirkan media yang bisa "merawat" bangsa dengan menyampaikan dan melestarikan nilai budaya Indonesia.

"Membangun sebuah media yang bisa 'merawat Indonesia' merupakan cita-cita Lintas.me dan Beritagar.com sejak lama yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk bergabung dan merealisasikan cita-cita tersebut," ujar Herman Kwok selaku CEO Beritagar.id.

Beritagar.id diyakini sebagai situs yang tak hanya sekedar menghimpun konten dari berbagai sumber dalam bentuk tautan, namun juga menyunting dan menceritakan konten kembali pada masyarakat Indonesia sesuai kaidah jurnalistik.

Mesin ini bekerja dengan cara men-scrolling berita dari internet sesuai dengan kategori atau kata kunci yang dicari. Nantinya, mesin secara otomatis mencari semua yang ada di internet, tak hanya media online di Indonesia, tapi juga dari luar.

Total ada dua robot yang bertugas dalam pengelolaan berita, dan satu robot lagi masih dikembangkan oleh tim Beritagar.id. Robot pertama dinamakan Petruk, berfungsi untuk mengatur tulisan yang tergabung dari berbagai sumber hingga menjadi satu tulisan utuh. Robot yang kedua dinamakan Semar, berfungsi untuk mencari beragam data sesuai dengan kriteria atau kata kunci yang dicari.

Dalam membuat satu berita saja, para robot canggih ini akan memilih 10-20 lebih sumber per berita agar mendapatkan informasi yang lengkap yang sesuai dengan kriteria 5 W + 1 H (When, Where, What, Why, Who, How). Setelah mendapatkan lebih dari 10 sumber, robot akan membaca satu per satu berita yang ada dan menulis ulang dengan baik. Robot juga tidak sembarang mengambil materi kalau hanya ada satu media yang menulis. Dijelaskan, robot akan menunggu sampai minimal tiga media dari angle yang berbeda.

Draft dan data yang dihasilkan mesin kemudian akan disunting dan diceritakan kembali oleh tim redaksi menjadi berbagai bentuk konten, baik seperti tulisan, infografik, maupun videografik secara manual. Dikatakan, Beritagar.id sudah berlangganan dengan penyedia foto.

Kemampuan robot yang ada diakui dapat memahami struktur bahasa dan paham konteks berita dari berbagai sumber. Wicaksono mengatakan tiap subjek dan predikat ada kode-kode tersendiri pada robot, sehingga bisa Robot bisa membedakan konteks dan makna berita walaupun dengan kata kunci yang sama. Hebatnya lagi, robot juga diatur untuk dapat mengelola berita tak terbatas per harinya. Bahkan, dikatakan robot bisa menghasilkan 1.000 artikel per harinya.

Adapun tugas tim redaksi, seperti editor dan kurator hanya memilih, memoles dan mengedit berita yang dihasilkan mesin. Tentunya, tim redaksi akan teliti memilih berita yang bagus dan aktual dari mesin sebelum memublikasikannya di situs.

Walau sistem berbasis robot, Wicaksono meyakini kalau berita yang dimuat Beritagar.id tetap akurat, lengkap, komprehensif dan relevan bagi pembaca. Alasannya, ia dan tim redaksi selalu melakukan rapat redaksi untuk mempublikasikan berita dan melakukan verifikasi jika diperlukan. Tak sebatas pengumpulan informasi, mesin rekomendasi dalam Beritagar.id juga akan secara pintar memprediksi konten atau iklan yang relevan dengan pembaca, tanpa pembaca merasa terganggu.

Karena kinerja media berbasis robot, diakui kekurangan ada pada listrik. Misal, jika listrik mati, maka proses pembuatan berita juga terhambat. Walau begitu, Herman tetap berharap agar Beritagar.id dapat menjadi media clearing house dan bisa menjadi rujukan bagi masyarakat Indonesia dengan memberikan informasi yang jelas, lengkap dan komprehensif. (MAB/RED)

sumber: beritasatu

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat