Trivia Otonomos, Mobil Tanpa Supir

Otonomos, Mobil Tanpa Supir

sisiusaha (16/12)

creative people.. Terbayangkah mengendarai mobil tanpa mengemudi? Seorang pria buta berhasil berkendara mengelilingi Austin, Texas, Amerika Serikat menggunakan mobil otonomos, mobil tanpa supir milik Google.

Sebelumnya, mobil otonomos ini diuji oleh sejumlah engineer dan karyawan Google. Lantaran sudah siap, Google pun mengajak seorang pria buta bernama Steve Mahan untuk berkendara di dalamnya.

Teknologi Otonomos (Mobil Otomatis), Mobil yang tidak memiliki supir ini dianggap mobil yang cukup aman untuk ditumpangi. Karena apabila dibandingkan dengan mobil yang dikendarai oleh manusia sendiri karena jarak yang dilalui oleh mobil dengan teknologi otonomos di dalamnya ini tidak sebanyak jarak yang telah dilalui mobil yang memiliki supir. Teknologi otonomos pada mobil dipercaya akan menjadi mobil idaman di masa depan.

Mobil dengan teknologi otonomos ini juga pernah mengalami kecelakaan. Presentasi kecelakaannya sendiri pun masih lebih banyak dibanding dengan mobil konvensional. Namun, setelah diteliti faktor penyebab kecelakaan itu terjadi bukan karena sistem teknoloi otonomos yang ada pada mobil. Namun, ada pada manusianya sendiri.

Dari beberapa merek seperti Toyota, Ford, Nissan dan General Motors telah memiliki inovasi dan terobosan baru pada teknologi otonomos pada mobilnya. Seperti Toyota yang telah mengumumkan sisitem komunikasi antar mobil yang disebut ITS Connect yang telah dikembangkan pada teknologi Otonomos pada mobil yang dilakukan pada Lexus GS yang berlangsung di Tokyo. Teknologi ini membuat mobil – mobil bisa berkomunikasi lewat cara menjaga jarak pada saat di jalan, memperingatkan penggantian lampu merah, berbagi data keberadaan dan lainnya. Tekonologi ini menjawab pertanyaan apakah mobil dengan teknologi otonomos ini benar – benar aman untuk ditumpangi atau tidak.

Sementara ford telah menjadi satu – satu nya produsen mobil yang telah melakukan uji coba mobil tanpa supir atau mobil otonomos dikota Michigan, Amerika Serikat. Di tempat uji coba ini semua fasilitas jalanan ada secara normal. Yang tidak ada pada saat ujicoba ini adalah manusianya. Sementara, jalanan, trotoar, gedung, serta rambu lalu lintasnya lengkap dan disesuaikan dengan kondisi jalan yang sebenarnya. Dalam uji coba ini Ford dihadapkan pada semua kondisi jalanan, seperti membaca rambu lalu lintas, memasuki terowongan, pindah jalur, menanjak jalan, hingga pergerakan para pejalan kaki. Mobil Semi Otonomos ini berada di bawah pengawasan Ford Fusion Hybrid Autonomous Research Vehicle.

Karena mobil ini tanpa pengemudi tentu tidak bisa diajak berkomunikasi seperti layaknya para pengemudi berbicara pada pengemudi lain pada saat kondisi jalan tertentu. Selain itu, mobil dengan teknologi otonomos ini juga belum diuji coba dengan cuaca tertentu seperti salju. Sehingga teknologi di dalam mobil ini harus ditingkatkan dengan baik sebelum diluncurkan bebas ke seluruh dunia. Teknologi otonomos pada mobil ini menunjukkan kemajuan teknologi sudah mencapai hingga sarana transportasi. (HAN/RED)

Rekomendasi

Baca Juga