Trivia Ladies, Tinggalkan Zat Kimia Dan Tampil Cantik Alami Dengan Madu Murni

Ladies, Tinggalkan Zat Kimia Dan Tampil Cantik Alami Dengan Madu Murni

sisiusaha (24/7)

creative people.. Tidak salah apabila wanita ingin tampil cantik, memiliki kulit muka yang putih, mulus, bebas jerawat dan kenyal. Namun cara perawatan menggunakan kosmetik berbahan kimia yang berbahaya merupakan suatu yang tidak dianjurkan. Selain tidak menghasilkan perubahan secara permanen juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jangka panjang.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) RI pada 2008-2009 silam telah melakukan pengawasan, sampling, dan pengujian di laboratorium serta berhasil menemukan beberapa produk kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya seperti Hidrokinon, Merkuri, Asam Retinoat, Zat Warna Merah K.3, Merah K.10 dan Jingga K.1 pada sekitar 70 produk kosmetik yang telah beredar di masyarakat. Mari kita simak berbagai bahan kimia yang berbahaya dan patut dihindari penggunaannya dalam keseharian secara terperinci.

<

Merkuri (Air Raksa)

Merkuri atau air raksa ini tergolong ke dalam kategori logam berat yang berbahaya yang dalam konsentrasi yang kecil sekalipun sudah merupakan zat racun. Air raksa juga biasanya digunakan untuk mengawetkan hewan yang sudah mati seperti harimau, anjing, macan tutul, dan sebagainya. Penggunaan merkuri dalam kosmetik akan menyebabkan berbagai macam masalah seperti perubahan pada warna kulit, bintik-bintik hitam pada kulit, iritasi kulit, alergi, kerusakan pada otak, ginjal, dan juga gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis yang tinggi dan bisa menyebabkan muntah-muntah. Selain itu, yang lebih berbahaya ialah bahwa merkuri atau air raksa ini merupakan zat karsinogenik atau zat yang bisa menyebabkan kanker pada manusia.

Asam Retinoat

Asam retinoat adalah bentuk asam dan bentuk aktif dari vitamin A (retinol). Disebut juga tretinoin. Asam retinoat ini sering dipakai sebagai bentuk sediaan vitamin A topikal, yang dapat diperoleh secara bebas maupun dengan resep dokter. Bahan ini sering dipakai pada preparat untuk kulit terutama untuk pengobatan jerawat, dan sekarang banyak dipakai untuk mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (sundamage) dan untuk pemutih. Bahan kimia ini cukup beresiko tinggi apabila ikut dalam campuran bahan untuk kosmetika. Asam retinoat bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit, kulit kering, dan juga cacat pada rahim (teratogenik). 

Hidrokinon

Hidrokinon adalah bahan kimia yang digunakan pada proses cuci cetak foto dan berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, cat, pernis, serta bahan bakar kendaraan. Hidrokinon berdasarkan resep dokter termasuk salah satu obat keras yang patut diminimalisir bahkan dihindari penggunaannya. Bahaya penggunaan hidrokinon dalam kadar tinggi  atau yang berkelanjutan dapat memicu:

  • Hiperpigmentasi, yaitu menggelapnya warna kulit akibat pertambahan kadar melanin. Melasma atau bercak hitam adalah salah satu contoh kondisi hiperpigmentasi.
  • Vitiligo, yaitu menghilangnya pigmen kulit secara keseluruhan akibat matinya sel melanosit, penghasil melanin. Ciri utama vitiligo adalah munculnya bercak-bercak putih pada kulit.
  • Okronosis eksogen, yaitu kulit menjadi berwarna biru kehitaman. Umumnya disebabkan karena penumpukan homogentisic acid (penyakit alkaptonuria).

Steroid

Steroid, kadang disebut juga corticosteroid, adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi atau secara berkelanjutan, steroid yang tergolong kuat ini dapat menyebabkan katarak dan pelemahan tulang. Khusus untuk kulit, efek samping dari pemakaian steroid adalah penipisan pada lapisan kulit. Jika kulit menjadi terlalu tipis, orang tersebut akan lebih mudah tergores atau terluka. Steroid yang dioleskan pada kulit dapat terserap oleh tubuh lalu masuk ke dalam pembuluh darah. Efek samping lainnya adalah:

  • Telangiektasis, yaitu pembuluh darah kapiler nampak pada permukaan kulit akibat tipisnya lapisan kulit.
  • Lebih mudah tibulnya jerawat.
  • Memperlambat penyembuhan luka.

Rhododenol

Rhododenol adalah bahan kimia alami dari kulit pohon birch putih yang mengurangi produksi melanin. Bahan kimia ini sebenarnya sempat disahkan badan kesehatan Jepang dan bahkan digunakan dalam beberapa produk perusahaan kosmetik terkemuka  di Jepang. Namun bahan ini juga telah dicabut oleh pemerintah Jepang karena telah terbukti berdampak buruk pada kesehatan. Meski demikian, produk-produk yang mengandung rhododenol dan sempat dijual di Indonesia ini akhirnya ditarik dari pasaran sejak tahun 2013 lalu. Penarikan ini dilatarbelakangi laporan sejumlah konsumen yang mengeluh mengalami depigmentasi atau bercak-bercak putih pada kulit.

Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah  secara alami? Dari berbagai bahan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit wajah salah satunya madu, madu murni asli merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat bagi kecantikan kulit. Khasiat dan manfaat madu untuk kecantikan wajah sudah lama digunakan banyak wanita. Berikut khasiat dan manfaat madu bagi kecantikan kulit:

  1. Melembabkan Kulit Wajah
    Dengan kemampuan mengikat zat air, madu berkhasiat melembabkan kulit wajah anda dari dalam. Cukup dengan mengoleskan madu ke muka, kulit wajah akan terlindungi dari sinar ultraviolet dan terlihat lebih lembab secara alami.
  2. Mengobati Bibir Kering Dan Hitam
    Madu dapat mengatasi masalah bibir kering dan hitam agar menjadi merah merona. Caranya tuangkan madu ke dalam 1 sendok makan, panaskan madu sampai sedikit encer dan mengeluarkan busa. Oleskan madu selagi hangat ke bibir anda.Lakukan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur. Setelah 7 hari, anda akan mendapatkan bibir lebih segar dan merah merona.
  3. Mengobati Jerawat
    Penyebab munculnya jerawat adalah tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran. Madu memiliki khasiat melawan infeksi akibat sumbatan tersebut serta mampu menarik kotoran keluar pori-pori. Madu juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat di wajah anda. Jika anda mengalami masalah noda bekas jerawat, anda dapat menghilangkan dengan madu hangat yang sudah dipanasi terlebih dahulu. Oleskan madu yang masih hangat ke bagian-bagian wajah yang ada bekas jerawatnya. Tunggu 2 – 3 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari agar bekas jerawat pada muka dapat hilang secara alami.
  4. Memutihkan Wajah
    Manfaat madu berikutnya adalah memutihkan wajah. Dengan mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit luar. Bahan yang dibutuhkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh air lemon. Campurkan semua bahan tersebut, pijat dengan lembut pada wajah selama 5 – 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Ladies, tinggalkan zat kimia dan tampil cantik dengan madu murni. Kesulitan mendapatkan madu murni asli? silahkan kunjungi www.nabbli.com atau hubungi melalui SMS/WA ke nomor 087725138456. Madu murni nabbli adalah madu yaman asli, madu yaman terkenal sebagai madu terbaik di dunia. Madu nabbli selain sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga dapat dijadikan untuk perawatan muka. Madu nabbli menyediakan kemasan ekonomis 160gram seharga Rp.120.000,-. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga