Trivia Cabai Jadi Ciri Khas Masakan Meksiko

Cabai Jadi Ciri Khas Masakan Meksiko

sisiusaha (29/5)

creative people.. Kalau resep masakan rendang dari tanah minang pernah di jadikan sebagai masakan terlezat dunia berdasarkan jajak pendapat laman CNNGo milik stasiun berita CNN, rendang mengalahkan makanan spesifik dari negara mana saja. 

Dengan kata lain, makanan khas Padang itu nangkring di urutan pertama sebagai makanan terlezat dunia. Meski begitu, sejumlah pihak memahami daya saing rendang di kancah dunia kuliner sejagad masih kalah populer dibanding makanan-makanan dari negara lain.

Tiap negara pasti memiliki ciri khas dari masakan yang dihidangkan. Bahkan tiap daerah memiliki karakteristik sendiri dalam mengolah dan memilih bahan masakan. Begitu pula dengan Meksiko yang memiliki ciri khas tersendiri dari masakannya tergantung daerah. Sering kali orang-orang menyamakan makanan Meksiko asli dengan campuran Texas, padahal kedua hal tersebut sangat berbeda.

Menurut Chef asli Meksiko Eduardo Perez Romero, masakan Meksiko pun terbagi pada daerah-daerah untuk menciptakan cita rasa berbeda. Bahkan, dia menjelasakan, cabai yang dihasilkan antardaerah pun akan memberikan rasa berbeda.

Seperti jalapeno yang dikenal pedas, padahal menurut Chef Eduardo, cabai ini memberikan rasa manis dan juga rasa buah. Jenis cabai kering pun dibedakan namanya sesuai asal daerah, seperti guajilo dan morita dibedakan dari tempat cabai ini tumbuh.

Di samping itu, Chef Eduardo tidak memungkiri jika masakan Meksiko merupakan perpaduan dari beberapa negara. Sehingga wajar jika makanan mereka akan sedikit memberikan sensasi Spanyol, suku Aztec bahkan sedikit berbau Arab. (RED)

 

Rekomendasi

Baca Juga