Trivia Film Hitam Putih Siti Raih Berbagai Penghargaan

Film Hitam Putih Siti Raih Berbagai Penghargaan

sisiusaha (25/5)

creative people.. Sebuah film kreatif dari jogja mendapat penghargaan Film terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2015, penghargaan di Shanghai International Film Festival dan Best Performance for Silver Screen Award" di Singapore International Film Festival. Film ini uniknya berbahasa jawa dan dengan gambar hitam putih.

Judulnya Siti, diperankan Sekar Wangi peraih Pemeran Utama Wanita Terbaik Usmar Ismail 2016 dan diarahkan oleh sutradara Eddie Cahono, walaupun tidak seperti biasanya, sebuah film panjang yang menggunakan warna hitam dan bahasa Jawa, namun memiliki nilai kreatifitas tinggi. Karena menggunakan bahasa Jawa, Siti dilengkapi dengan teks bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Kisahnya tentang seorang ibu yang menghidupi keluarga: seorang anak laki-laki yang lasak sementara suaminya lumpuh di tempat tidur dan ibunya juga tinggal bersama mereka. Bukan cuma untuk makan sehari-hari, juga membayar hutang suami waktu membeli kapal dulu. Siti pun menjual kerupuk pada siang hari dan malam harinya menjadi karyawan karaoke mendampingi para tamu bernyanyi riang sambil menenggak alkohol.

Eddie menjelaskan alasannya memilih hitam putih untuk Siti. "Karena menurut saya, memang film ini rasanya hitam putih. Kehidupan Siti itu tidak berwarna, jadi saya merasa harus hitam putih, tidak berwarna."

"Ini mungkin mewakili perasaan Siti yang desperate, putus asa tapi pada akhirnya harus memilih antara untuk kebahagiannya, untuk kebahagiaan sendiri." Menurut Eddie, insipirasi Siti berawal dari keinginannya untuk mengambil gambar di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Waktu itu Eddie mendengar ada karaoke yang ditutup dan ada LC -atau Lady Companion yang merujuk pada perempuan pendamping tamu karaoke- yang meninggal karena minum alkohol oplosan. "Saya gali saja ceritanya dari situ, seorang LC di usia yang masih muda sudah meninggal, terus dia itu hidupnya untuk siapa. Itu pertanyaan awalnya." "Baru kemudian saya kembangkan bagian dalam situasi yang sulit itu, Siti harus memilih untuk kebahagiannya sendiri," jelas Eddie.

Setelah sukses dengan Siti, kini Eddie mendapat pendanaan internasional dari Prancis untuk membuat film baru, tentang seorang ibu yang mencari anaknya yang akan dihukum mati di Cina. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga