Trivia Tips Sehat: Jalan 30 Menit Lebih Efektif Dibanding Ke 'Gym'

Tips Sehat: Jalan 30 Menit Lebih Efektif Dibanding Ke 'Gym'

sisiusaha (3/12)

Olah raga merupakan bagian penting dari hidup sehat yang bisa meningkatkan kebugaran tubuh, menangkal penyakit, hingga menjaga bentuk tubuh. Kini, olah raga kian populer di masyarakat. Mulai dari berniat untuk menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh, atau bahkan sekadar mengkikuti gaya hidup kekinian. Namun, sebenarnya olah raga apakah yang efektif untuk dilakukan untuk mendapat  manfaat dari olahraga?

Dikutip dari DailyMail, sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di London School of Economics, berjalan selama 30 menit setiap hari diklaim lebih efektif dibanding lari atau pun pergi ke gym. Grace Lordan, Spesialis Ekonomi Kesehatan yang memimpin penelitian itu mengatakan, indeks massa tubuh (IMT), dan lingkar pinggang dari orang yang secara teratur berjalan 30 menit setiap harinya lebih rendah dan lebih kecil dibandingkan individu yang melakukan olahraga secara teratur.

Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan aktivitas fisik dalam Survei Tahunan Inggris dengan rentang waktu 1999 hingga 2012. "Tim kami telah membandingkan ukuran pinggang dan IMT  dari yang biasa melakukan jalan cepat dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan rumah, hingga olah raga seperti rugby selama setengah jam setiap harinya," ucapnya.

Jadi, tak perlu mahal-mahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Cukup dengan berjalan rutin setiap hari selama 30 menit, tubuh Anda bisa menjadi bugar. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga