Opini Peluang Usaha Es Krim Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Es Krim Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

sisiusaha (17/11)

Banyak cara yang bisa dilakoni para mahasiswa untuk memperoleh uang tambahan selain bekerja paruh waktu, yakni merintis sebuah usaha. Beragam peluang yang dapat digali demi meraup pundi-pundi rupiah, salah satunya adalah bidang kuliner seperti makanan dan minuman ringan yang harganya terjangkau untuk semua kalangan, terutama pelajar.

Bagaimana menjalankan peluang usaha dengan modal kecil es? Ada banyak jenis sajian kuliner yang memakai es sebagai salah satu bahan utama, seperti es serut, es teler, es cendol hingga es krim. Diantara beberapa pilihan yang biasanya ditemui, menjual es krim jauh lebih unggul.Selain banyak peminat, harga es krim jauh lebih terjangkau dan produk mudah dibawa kemana saja sehingga tak perlu menyewa lokasi usaha. Tertarik? Sebelum menjajal ide bisnis ini, sebaiknya mengenal lebih jauh tentang es krim terlebih dahulu. Ada dua tipe yang biasa dijumpai, yakni es krim soft dan es krim hard. Membuat es krim hard tidak terlalu sulit, bahkan hanya bermodal bahan baku produksi, mixer, wadah dan freezer di lemari es. Produk bisa disimpan di termos es agar tidak cepat mencair untuk dijajakan berkeliling.

Bila ingin produk cepat laris manis di pasaran, tawarkan sesuatu yang berbeda sebagai pengganti susu sapi. Sebagai solusi alternatif, coba pakai jenis susu lain untuk memangkas biaya produksi. Bila mencari racikan yang sedikit out of the box  atau di luar resep tradisional, pertimbangkan memakai air susu yang terbuat dari jagung manis. Sejumlah mahasiswa Politeknik Gorontalo sudah memperkenalkan es krim terbuat dari susu jagung yang kaya akan gizi, rasanya enak dan tak memakai gula tambahan sedikitpun.

Tiga mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan es krim sehat dan lezat yang terbuat dari kulit manggis dengan tiga varian rasa (coklat, stroberi dan vanila). Harga yang diusung sangat terjangkau, mulai dari Rp 2000 – Rp 3000 per cup. Produk tak hanya dipasarkan melalu sosial media saja, ketiga mahasiswi beda jurusan tersebut bahkan terjun langsung ke masyarakat. Kini, es krim kulit manggis sudah tersedia di beberapa minimarket sekitar Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Imam Rodly sukses berbisnis es krim berbahan dasar daun lidah buaya yang diklaim mencegah berbagai ragam penyakit, mulai dari stroke hingga serangan jantung. Proses pembuatan es krim tergolong sederhana, bahkan tak perlu peralatan canggih selain freezer. Harga yang dipatok per cup hanya Rp 2000 dan sehari bisa laris terjual antara 100 - 125 cup. Peluang usaha berbisnis es krim jenis hard tergolong mudah, besaran modal pun minim. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat