Opini Startup Muslim Global Paling Inovatif 2016

Startup Muslim Global Paling Inovatif 2016

sisiusaha (21/12)

creative people.. Di zaman dengan meningkatnya Islamophobia, kebencian dan tuduhan ekstremisme terhadap umat Islam terus diberitakan oleh media maintream bukan lagi hal yang mengherankan. Sentimen atas itu semua terlihat begitu kuat.

Sementara berita tentang pengusaha Muslim global yang bersinar dengan kreatifitas serta inovasinya lebih sedikit porsinya, bahkan sangat minim berita tentang inovasi startup yang telah mampu membuat perusahaan konvensional besar ketakutan. Menurut laporan Dinar standart, pasar Muslim global adalah salah satu potensi besar di beberapa negara maju dan berkembang besar di dunia dengan pembelanjaan saat ini mencapai 1,8 triliun US dolar dan diperkirakan akan terus tumbuh sebesar rata-rata 5,8% selama 5 tahun ke depan.

Hal ini telah membuat perusahaan ventura kapitalis yang berbasis di AS di Silicon Valley dan di luar berpeluang bergabung berinvestasi di perusahaan Muslim, seperti yang terjadi pada startup Muslim ketika mendapat dana besar dari seluruh dunia yang dipimpin oleh dana modal ventura di Singapura, Teluk dan Malaysia. Ini merupakan pencapaian dari startup Muslim yang tumbuh memalui koneksi lintas batas dan terus mengembangkan pasar Muslim global ini.

Pengusaha Muslim telah berhasil memainkan peran penting dalam ekologi startup regional di seluruh dunia dari Silicon Valley hingga ke Istanbul, Dubai, Kuala Lumpur, Bangalore, Singapore, Jakarta, London, Berlin, New York City, Casablanca dan di puluhan kota-kota lain yang masuk dalam komunitas startup. Di Silicon Valley sendiri ada puluhan ribu umat Islam yang terlibat dalam lapisan masyarakat teknologi dan startup, termasuk pengusaha yang telah memiliki miliar dolar seperti Omar Tawakol, serta pemain utama di perusahaan VC seperti Mamoon Hamid, salah satu pendiri dari perusahaan venture capital (VC) Sosial Capital dan Omar Hamoui dari Seqouia Capital.

Redaksi sisiusaha.com berhasil merangkum 5 startup Muslim global paling inovatif 2016 yang mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi terutama bagi kalangan pengusaha kecil menengah umat Muslim sendiri sebagai berikut:

Modanisa
Modanisa didirikan oleh Karim Ture telah tumbuh secara cepat melalui perusahaannya Modanisa ke perusahaan fashion sederhana terbesar di dunia. Berkantor pusat di Istanbul, Turki Modanisa telah mengumpulkan lebih dari 8,5 US dolar dalam pendanaan venture capital (VC) dengan tujuan untuk tumbuh menjadi perusahaan multi-miliar dolar selama sepuluh tahun ke depan. Tahun ini mereka telah mensponsori internasional fashion week di Istambul, Turki. Serta mereka akan mengambil peran yang lebih besar sebagai pemimpin dalam ruang busana sederhana global.

Saffron Road Foods
Pada tahun 2010 Adnan Durani membawa visinya untuk makanan Halal yang dilanjutkan dengan bertani anti-biotik bebas, dan 100% makanan vegetarian, semua dipanen pada peternakan milik keluarga dan dijual ke pasar AS, serta mudah ditemukan di lokasi Whole Foods yang dekat dengan populasi besar Muslim. Enam tahun kemudian merek pertama mereka Saffron Road yang paling dikenal dan banyak dijual produk Halal di Amerika Serikat, sementara juga diakui sebagai pemimpin di pasar makanan premium. Dengan pertumbuhan 713% selama tiga tahun Saffron Road terdaftar dan masuk rangking sebagai 642 perusahaan pada daftar tahunan Inc dari 5000 perusahaan dengan pertumbuhan tercepat.

HalalAd
HalalAd adalah salah satu perusahaan adsense dengan pertumbuhan tercepat, didirikan oleh Maruf Yusupov pada tahun 2015 Platform HalalAd telah menyampaikan 500.000 iklan sehari bekerja dengan 400 pengiklan dan 1000 penerbit di internet, total 50 juta iklan. Mereka dengan cepat berkembang menjadi salah satu platform adsense iklan etis dunia. Menggunakan Google AdSense untuk penerbit Muslim dapat membuat masalah ketika berbenturan dengan ideologi, ketika konten menampilkan alkohol atau konten seksual eksplisit mungkin muncul di situs centric Muslim, sementara ini tidak akan terjadi di HalalAd. sementara itu HalalAd menciptakan sebuah platform bagi pengiklan Muslim di mana mereka dapat membuat iklan dan mendistribusikan semuanya baik ke segmen kecil maupun besar pada Muslim website, portal, forum dan blog dengan satu klik.

iGrow
iGrow adalah salah satu startup yang juga diakui paling global di daftar ini, salah satu perusahaan top 100 dan terdaftar sebagai salah satu perusahaan top di 500 Startup angkatan 17 startup oleh TechCrunch, MatterMark dan Fast Company. Didirikan oleh Muhaimin Iqbal, Andreas Senjaya, jim Oklahoma di Jakarta, Indonesia, iGrow membantu petani menganggur dan underutilize tanah untuk tumbuh melaui pertanian organik yang didanai oleh orang-orang perkotaan di seluruh dunia.

Mereka menghubungkan petani, pemilik tanah, dan sponsor pertanian untuk menciptakan pertanian, mereka menjual hasil panen langsung ke pembeli. Meningkatkan modal pertanian dari populasi perkotaan melalui situs web mereka dan sementara menggunakan teknik gamification seperti di Farmville sehingga mereka hampir dapat melihat perkebunan mereka tumbuh. Setelah panen, mereka kemudian berbagi keuntungan antara investor dan petani. Hanya dari kacang saja, mereka telah dipanen 1.600 ton menghasilkan pendapatan investasi sebesar 24% per tahun, dan 99% dari mereka diinvestasikan kembali dengan iGrow.

Dalam beberapa bulan mendatang mereka bersiap-siap untuk meluncurkan proyek besar kedua mereka di Turki, di lahan yang dibudidayakan oleh para pengungsi Suriah di dekat perbatasan Suriah dengan Turki.

EthisCrowd
EthisCrowd adalah platform crowdfunding pertama di dunia Real Estate Islam. Dengan lebih dari 10.000 investor swasta di Ethis crowdfunds yang ikut berinvestasi dalam kegiatan kewirausahaan, bisnis, perdagangan dan Real Estat di Asia. Hanya dalam waktu setahun Ethis telah crowdfunded sebesar 3,6 juta SGD dalam proyek
pembangunan 5.000 rumah yang terjangkau dengan hasil rata-rata 10% sampai 16%. Crowd Ethis didirikan oleh Umar Munshi berkantor pusat di Singapura, dengan cabang dan kantor perwakilan di Jakarta, Kuala Lumpur dan Sydney.

Masih banyak lagi startup Muslim yang telah mampu berinovasi secara kreatif dalam kancah global. Pertumbuhan ini masih akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Besar harapan akan lebih banyak lagi bermunculan startup-startup baru yang dapat berkontibusi dan membesarkan perekonomian Umat Islam. (M Abduh Baraba)


Baca Juga:
Crowdfunding Syariah Dunia Bikin Aliansi
Koperasi Syariah 212, Jangan Sebatas Simbol

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat