Opini Pemimpin Karbitan

Pemimpin Karbitan

sisiusaha (13/8)

creative people.. Terkadang kita dibuat bingung dengan pemikiran seorang pemimpin, entah itu pemimpin perusahaan, organisasi atau pemerintahan. Ketika pola pikir dan arah tujuan seorang pemimpin tidak sinkron, dapat dipastikan akan banyak memiliki persoalan di tengah jalan.

Pemimpin adalah seseorang yang dipilih atau disepakati untuk memengaruhi atau memberi contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan bersama. Kebanyakan orang cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat kharismatik, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Bahwa benar adanya, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya diakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Kita sering mendengar sosok pemimpin karbitan, namanya juga karbitan pasti selalu dipaksakan. Pemimpin karbitan sering juga dijumpai dalam perusahaan (khususnya perusahaan keluarga), bahkan sampai dalam kancah dunia politik. Pemimpin karbitan ini mudah memerintah tanpa mengetahui secara detail permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya dapat dibayangkan bagaimana dapat merumuskan solusi kalau permasalahan yang dihadapi saja tidak difahami secara mendalam? 

Perilaku yang sering tampak pada pemimpin karbitan adalah ketidak mampuannya dalam memimpin (pemerintahan, perusahaan, organisasi, dll), pemimpin yang malas (anak buah seperti robot yang dapat diperintah sesukanya), gangguan psikologis pemimpin (terlalu suka pujian dan lemah berfikir), pemimpin yang tidak bisa menghadapi kenyataan, berfikir satu jalur serta berjalan sendiri dengan kesombongan yang besar.

Pemimpin seperti itu juga cenderung merasa bahwa semua adalah miliknya "that's all", tanpa mampu membedakan kewajiban bawahan yang dipimpinnya apakah sebatas tugas atau menyangkut masalah kehidupan. 

Perusahaan atau institusi apapun, baik bisnis, sosial maupun pemerintahan, selalu membutuhkan pemimpin yang tidak hanya paham tentang ilmu kepemimpinan secara umum, tetapi juga harus memiliki kriteria "distinct." Ada beberapa hal pada kriteria distinct tersebut, yaitu gutsy (bernyali), inspiring (inspiratif), dan adaptive (adaptif).

The Gutsy Leader

Pemimpin yang bernyali adalah pemimpin yang kuat dan effektif. Pemimpin yang kuat dan bernyali akan dirasakan positif dampaknya bagi pengikutnya. Bernyali bukan hanya sekedar berani, tetapi sekaligus tangguh, tegas dan trengginas dalam menyelesaikan berbagai masalah. Panglima perang yang hebat, adalah pemimpin yang tampil didepan untuk memimpin pasukan di medan perang, bukan pemimpin yang sekedar memerintah dari belakang meja.

The Inspiring Leader

Pemimpin inspiratif adalah pemimpin yang kaya akan energi positif serta mampu mengalirkan atau menyedot energi tim. Seorang pemimpin inspiratif paham akan "hukum kekekalan energi" yang terdiri dari penciptaan energi, penularan energi dan pelestarian energi. Terdapat kisah heroik terhadap pemimpin seperti ini yaitu saat penaklukan Andalusia (Spanyol) oleh pasukan Tarik Ibn Ziyad pada tahun 711 M. Bagaimana Tarik Ibn Ziyad berhasil menciptakan energi dan menjaga energi pasukannya menghadapi pasukan Raja Roderic yang jumlahnya 6 kali lipat. Tarik Ibn Ziyad memompa semangat pasukannya dengan membakar kapal-kapal yang membawanya menyeberangi selat yang hingga kini dikenal dengan nama Gibraltar (Jabal el-Tarik). "Saudaraku, musuh ada di depanmu, sedangkan lautan ada di belakangmu. Kemana kalian akan berlari?" ungkapan Tarik Ibn Ziyad yang sangat terkenal setelah pembakaran kapal.

The Adaptive Leader

Adaptif berarti cerdas menyesuaikan diri dengan perubahan. Pemimpin adaptif berarti pemimpin yang mudah menyesuaikan dirinya dgn perubahan dan keadaan baru. Pemimpin yg hanya memberi delegasi kepada bawahannya, tanpa lagi mendeteksi keadaan situasi perubahan lingkungan, maka dapat dipastikan akan "keluar orbit" di era yang semakin berkembang ini.

creative people.. Bagaimana dengan pemimpin Anda? Semoga tidak termasuk golongan pemimpin karbitan. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga