Opini Inovasi, Startup Dan Investasi

Inovasi, Startup Dan Investasi

creative people.. Media mainstream membahas dunia startup seringkali mengaburkan mindset. Banyak kisah bagaimana startup dapat pendanaan jutaan dolar dari investor atau bagaimana startup lainnya diakusisi oleh perusahaan yang lebih besar dengan nilai sangat fantastis. Seolah mudah mendapatkan investasi hanya dengan bertemu dan presentasi.

Pertama perlu pemahaman bahwa tujuan menciptakan startup tidak sekedar mendapatkan investasi. Namun investasi adalah sebuah tools untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan bisnis startup. Tujuan dari startup sejatinya menciptakan dan memberikan nilai tambah kepada orang lain, sehingga menjadi nilai ekonomis untuk ditukar dengan pendapatan dan menjadi keuntungan usaha. Semakin berharga, semakin cepat usaha berkembang.

Membuat sesuatu yang baru yang mampu memberikan nilai efisiensi, kemudahan akses dan manfaat besar bagi perubahan positif, menciptakan produk atau jasa yang bisa memfasilitasi cara baru untuk membuat biaya lebih murah ke semua elemen, atau manfaat substansial lainnya yang berdampak dalam kehidupan, lalu bisa menghasilkan keuntungan secara bisnis itulah skala kesuksesan sebuah starup yang hakiki.

founder starup adalah fulltime entrepreneur, bukan full time fundraiser, sehingga tugas utamanya bukan selalu bagaimana mengumpulkan pendanaan, tapi membesarkan bisnis. Fokus yang besar pada pemikiran cara mengumpulkan pendanaan akan membuat tidak bisa optimal membesarkan startup. Tidak sedikit yang mungkin cenderung lalai untuk menangkap gejala kecil yang membawa startup menuju kegagalan, atau setidaknya terlambat menyadarinya.

Bagi fulltime entrepreneur seharusnya kepuasan terbesar bukan ketika startup yang sedang dibangun dimuat di media karena mendapatkan pendanaan atau dikagumi banyak orang karena tiba-tiba sedang memimpin perusahaan bervaluasi tinggi, tapi ketika produk startup tersebut terbukti bekerja, diterima pasar, memberikan nilai tambah, mendatangkan keuntungan dan growth untuk perusahaan.

Dalam dunia ekonomi selalu terjadi relasi antara produk, jasa, investasi dan pasar. satu dangan lainnya menjadi sebuah korelasi yang tak terpisahkan, sehingga masing masing elemen tersebut bermain di wilayah masing masing sesuai dengan fokus dan targetnya. Ketika sebuah inovasi produk atau jasa yang memiliki nilai tambah yang baik, kualitas tinggi dan kemasan yang menarik selalu menjadi gula bagi kalangan investor, sehingga secara alami investor bersaing untuk masuk dan membiayaai produk atau jasa tersebut secara lebih besar.

Apabila produk atau jasa dari sebuah stratup itu bagus, sudah bisa mecapai kondisi product-market-fit, terlebih punya traction yang bagus, maka para investor yang akan datang sendiri dan kondisi tersebut membuat daya tawar juga akan semakin bagus. Dibutuhkan alokasi waktu khusus ketika melakukannya dalam timeline perencanaan usaha, bukan khusus melakukannya sepanjang waktu dalam menjalankan usaha. Lakukanlah fundraising di saat yang tepat ketika sudah membutuhkannya, karena setiap startup punya karakteristik yang berbeda serta kebutuhan, struktur dan kondisi finansial yang berbeda-beda pula.

Berhentilah fokus pada mencari pendanaan di awal, tapi tingkatkan fokus dan kreasi dalam mengimplemtasikan inovasi usaha stratup, karena dalam dunia usaha startup itu bukan dikenal dari cerita tapi lebih kepada kualitas dan hasil nyata. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga