Opini Belum Puas Dengan Penjualan Produk Anda? Coba Lakukan Langkah Ini

Belum Puas Dengan Penjualan Produk Anda? Coba Lakukan Langkah Ini

sisiusaha (04/5)

creative people.. Bagaimana penjualan produk atau jasa yang sedang dipasarkan, menunjukkan peningkatan atau justru penurunan? Saatnya mengevaluasi cara pemasaran yang selama ini telah dilakukan. Bagi yang merasa memiliki peningkatan dalam penjualan jangan cepat merasa puas, bagi yang merasa penjualan berjalan ditempat jangan patah semangat. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Brand, merupakan identitas produk dan jasa yang kita miliki. Agar konsumen lebih mengenal produk atau jasa yang ditawarkan tentunya kita harus memiliki sebuah nama yang mudah mendapat tempat di ingatan, sehingga konsumen mudah teringat ketika membutuhkan. Nama yang unik, simple dan memiliki arti akan memberikan nilai yang positif bagi proses pemasaran. Tidak ada salahnya untuk mengkoreksi brand yang ada atau lazim disebut re-branding, selain menjadi penyegaran juga sebagai alat promosi. Namun perlu dicatat re-branding ini dilakukan apabila mengalami perkembangan penjualan yang datar atau justru menurun. Sebagai contoh ketika produk komputer ber merek apple macintosh di era tahun 80' sampai 90' mengalami penurunan penjualan karena mendapat persaingan keras dari microsoft, mereka melakukan re-branding dengan brand baru apple mac dan ternyata berhasil memberikan positioning bahkan menjadi brand komputer premium dan bergengsi dalam pasar komputer hingga sekarang.
  2. Communication, sangat penting untuk dibangun secara online maupun offline. Dalam berkomunikasi perlu diingat sebuah pepatah "ucapanmu mencerminkan dirimu" sehingga selalu jaga nilai positif atas produk dan jasa yang sedang ditawarkan. Ceritakan latar belakang produk atau jasa kita, manfaat apa yang akan didapat apabila konsumen membelinya, bagaimana cara mendapatkannya, serta kemudahan pembayaran serta jaminan kejujuran. Jangan pernah memberikan penilaian minus terhadap merek pesaing, hal ini justru akan memberikan kesan negatif.
  3. Diferensiasi, adalah untuk menjadikan produk atau jasa yang kita tawarkan memiliki suatu perbedaan positif dengan produk dan jasa lainnya yang sejenis. Disini perlu kreatifitas agar secara nyata memberikan gambaran akan perbedaan tersebut. Berbagai cara agar kita berbeda dapat dilakukan dari masalah kemasan, adanya tambahan dari campuran bahan baku, pelayanan, bonus, discount dan lainnya. Konsumen memiliki aspek psikologis untuk memutuskan membeli dan hal ini dapat terpengaruh oleh adanya perbedaan dari suatu produk di pasaran yang mampu memancing rasa penasaran. 
  4. Service Excellence, berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Ada 3 hal dasar  yang perlu dilakukan agar mendapat predikat service excellence yaitu, 1. Jujur terhadap nilai diri sendiri dan berani mengakui kekurangan namun memiliki semangat untuk perbaikan. 2. Terus berusaha dan belajar untuk memahami seberapa tinggi tingkat kepuasan konsumen agar dapat melampaui apa yang diharapkan konsumen. 3. Memberi perhatian dan berusaha untuk tetap tampil ramah, sopan, penuh hormat, yakin, ceria, senang memaafkan, senang bergaul, senang belajar dari orang lain, senang pada kewajaran dan Senang menyenangkan orang lain.

Hal terbaik adalah perubahan yang positif dan untuk itu perlu usaha yang sungguh sungguh, fokus, konsisten serta selalu open mind terhadap perubahan itu sendiri baik dari internal maupun eksternal. 

creative people.. Tetap semangat dan jadilah wirausaha yang cerdas serta kreatif karena mimpi itu sangat mungkin menjadi kenyataan. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat