Opini Kepepet Itu Hebat

Kepepet Itu Hebat

sisiusaha (29/8)

Kepepet, merupakan suatu kondisi yang menjadikan seseorang mampu berbuat sesuatu yang dalam keadaan normal belum tentu dapat dilakukan. Sering dari kita mengalami suatu kondisi kepepet, seolah kita berada hanya dalam satu pilihan, suka tidak suka, pada akhirnya kita harus melakukan sesuatu agar dapat menemukan jalan keluar dari sebuah kondisi tertentu, tanpa menyadari kalau telah keluar dari belenggu rasa malu, takut bahkan gengsi sekalipun.

Mengambil sebuah teori peperangan dari Sun Tzu, panglima perang legendaris dari Cina, bila musuh sudah kepepet jangan didesak terus, karena dia akan melawan mati matian sampai titik darah penghabisan, orang yang berani mati akan sulit dilawan, justru akan melawan balik. Berikan satu jalan keluar biarkan mereka lari dan seranglah dari belakang.

Dijelaskan dalam konsep “psikologi kepepet” yaitu, seseorang menjadi punya motivasi yang tinggi untuk melaksanakan sesuatu ketika tidak ada pilihan lain, hal itu merupakan harga mutlak bagi yang bersangkutan. Dalam psikoanalisis dikenal konsep tentang libido, yaitu energi psikis yang dapat muncul oleh karena tekanan yang kuat.

Begitu hebatnya potensi kepepet pada manusia, sehingga mampu memberikan energi yang melebihi batas normalnya, dan dampak dari itu bisa menjadi positif maupun negatif, kembali bagaimana seseorang mampu mengelola emosi dan kadar kepribadiannya, sehingga output yang dihasilkan oleh kepepet menjadi sesuatu yang positif dan memberikan keuntungan dalam hidupnya.

Persoalannya bagaimana kita dapat memakai potensi kepepet itu, apakah harus melalui suatu kondisi mendesak bahkan darurat terlebih dahulu, atau kapan pun kita memerlukan potensi kepepet, saat itu juga bisa kita munculkan?

Dalam urusan bisnis atau usaha, kadang ketika menawarkan sebuah produk atau jasa, dimana sebenarnya kita belum memiliki produk atau jasa tersebut secara nyata, namun ketika penawaran tersebut di terima oleh konsumen atau client, saat itu pasti timbul sebuah kondisi kepepet. Seterusnya hanya bagaimana kita dapat mencermati serta mengambil langkah agar penawaran tersebut berhasil dipenuhi. Ide kreatif, keberanian, dan kerja keras menjadi kunci utamanya.

Dalam kisah film Pirates of the Silicon Valley itu diabadikan dalam dialog berikut ini,  

Bill : kami mempunyai yang anda butuhkan!

IBM : permulaan yang baik!

Bill : kami tahu IBM harus bangun tempat ini untuk bersaing dengan apple. Dan berpacu membuat personal computer untuk kalahkan mereka. Jadi, kami bisa memberi IBM sebuah sistem kerja.

IBM : Sistem kerja seperti apa??

Bill : Namanya …. DOS disingkat Disk Operating Sistem   Setelah selesai, mereka pulang, dan diperjalanan percakapan masih berlanjut “gila lu Bill, kita kan gak punya sistem kayak gituan, pasti habis kita,” kata si Paul. “hei lu jangan bilang begitu gue kan udah bilang sama IBM punya DOS, sekarang kita cari tuh yang namanya DOS!???”   Akhir cerita, dalam kondisi “kepepet bin terdesak” dengan melihat peluang yang sangat besar dan harapan yang membuncah mereka ingat ada prusahaan yang punya system operasi namanya Seattle Computer Company, dan akhirnya mereka pergi kesana dan membelinya seharga 50 ribu dollar yang kemudian bisa menghasilkan jutaan dollar.  

Dan ternyata kepepet itu sesuatu yang hebat.. (MAB)  

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat