Opini Jangan Takut Keluar Dari Zona Nyaman

Jangan Takut Keluar Dari Zona Nyaman

sisiusaha (2/4)

Creative People.. Pernahkah terbayang dan mengalami ketakutan dengan situasi berbeda dari kebiasaan dan suasana yang selama ini dijalani? Apakah memiliki perasaan takut akan sebuah perubahan atau mungkin juga telah merasa sangat puas dengan kondisi saat ini? Apabila kita merasakan akan hal itu artinya kita takut keluar dari zona nyaman, kita sudah merasa cukup nyaman dengan kondisi saat ini. Namun apakah kondisi saat ini sudah mampu menjawab dan memenuhi semua kebutuhan dan mimpi kita, atau justru sebaliknya?

Dalam dunia  kerja, banyak  orang-orang yang sudah bertahun-tahun bekerja, dengan posisi yang sama seperti pertama kali mereka masuk kerja atau perubahan yang terjadi pada diri mereka tidak terlalu signifikan, sudah merasa puas dengan posisi yang disitu situ saja bertahun tahun? Ketika awal membangun usaha sampai saat ini apakah sudah memberikan perubahan dan perkembangan usaha yang lebih maju? atau juga masih begitu begitu saja? Coba liat kembaali kedalam diri kita, berpapa lama sudah anda bekerja, berapa lama sudah menjalankan bisnis? Peningkatan apa yang sudah anda capai? tetap, stagnan atau hanya bergeser sedikit?

Yaah sudah bisa bekerja disini saja sudah syukur? mau apa lagi? atau sudah cukup lah untuk saya untuk apa sih kerja sampai ngoyo? yang penting ada kerjaan. Orang-orang tersebut adalah yang termasuk berada dalam zona pewe alias posisi wueanak aliaz zona nyaman atau kita kenal dengan sebutan comfort zone.

Saatnya kita mengevaluasi diri, secara manusiawi kita akan merasa nyaman dengan lingkungan, pekerjaan dan dunia usaha yang sudah sekian lama kita jalani. Terkadang kita sudah merasa cukup puas, namun belum tentu sejalan dengan mimpi kita, belum tentu juga menjawab dan memenuhi kebutuhan kita yang semakin hari semakin meningkat. Yang sering terjadi mungkin kita tidak berani melakukan perubahan, tidak berani untuk keluar dari keamanan secara finansial yang selama ini dirasakan. Padahal kadang, aman bukan berarti cukup juga. Jika hanya dengan duduk diam menunggu lalu perubahan itu datang, maka seharusnya jumlah orang sukses lebih banyak dari pada mereka yang mengalami kegagalan.

Mengapa kita tidak berani bertindak dengan mengambil resiko keluar dari kenyaman ini? Ketakutan itu hanya ada di perasaan kita semata, sementara di wilayah otak bisa jadi justru sebaliknya, hal ini justru menyebabkan kita menjadi manusia yang penakut dan manja, tidak berani membuat keputusan untuk perubahan yang lebih baik bagi kehidupan kita di masa mendatang.

Hakikatnya perubahan itu akan memberikan hal yang lebih baik, melakukan perubahan sekecil apapun untuk perbaikan kehidupan merupakan sebuah langkah positif. Mulai mencoba membuka diri, belajar dari pengalaman orang lain, memperluas jaringan, kenalanan dan tentunya juga jangan mudah untuk menyimpulkan negatif kepada orang yang baru kita kenal akan tetapi perlu tetap waspada, kritis dan tentunya banyak berdoa.

Creative People.. Zona nyaman itu kelihatannya baik namun sebenarnya berbahaya. Ayo segera lakukan perubahan untuk hidup yang lebih baik. Lakukan perencanaan yang matang dan siap memulai hal baru yang akan membawa Anda pada kenyamanan sesungguhnya. (MAB)
Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat