Opini Pentingnya Humas (Public Relation) Bagi Pencapaian Target

Pentingnya Humas (Public Relation) Bagi Pencapaian Target

sisiusaha (29/3)

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini sangatlah benar. Dalam segala sisi kehidupan baik secara sosial, politik, ekonomi bahkan asmara sekalipun kenal itu merupakan suatu hal mutlak, bagaimana orang bisa suka, tertarik, bergabung, membeli dan jatuh cinta apabila kita tidak pernah membuka dan memperkenalkan diri.

Tentu mengenal saja tidaklah cukup untuk menilai, perlu pendalaman yang lebih tentang siapa kita, yang meliputi diri, produk, jasa, ideologi sampai masalah hati, agar masyarakat, pasar serta pihak yang sedang menjadi target kita mengerti.

Saat ini banyak wirausaha sukses mengembangkan usaha dengan memanfaatkan kehumasan (PR) yang baik serta positif, dunia sekarang sudah berubah, arus informasi dan teknologi menjadi kekuatan utama, siapa yang mampu memanfaatkan itu bisa dipastikan kesuksesan akan segera terwujud.

Memasarkan produk atau jasa saat ini lebih efektif melalui digital, hapir sebagian besar masyarakat telah melek dan faham akan dunia digital, berikutnya adalah cara kita mengelola strategi pemasaran kita agar tepat sasaran dan untuk ini juga tidak terlalu dibutuhkan anggaran yang besar.

Media Humas (PR Media) adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat. Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).

Tujuan Media Humas

  •  Promosi & tingkatkan pemasaran
  •  Komunikasi berkesinambungan
  •  Tingkatkan kepercayaan publik
  •  Tingkatkan citra perusahaan/organisasi

Jenis Media Humas

  •  Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah, dll)
  •  Online Media (website, blog, media sosial, email, dll)
  •  Broadcasting Media (radio, televisi, dll)
  •  Special Event (seminar, workshops..dll)
  •  Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster, dll)

Pemilihan Media 

  • Radio; Plus : penyampaian gagasan sederhana dan langsung, teks luwes (mudah dikoreksi), punya publik khusus; Minus : dialog dan materi kurang variasi, fakta tak bisa dibeberkan lengkap, melelahkan (suara dan waktu terbatas), hanya bisa didengarkan sekali.
  • Siaran televisi; Plus : jangkau masyarakat luas, audio visual; Minus : biaya mahal, komunikasi satu arah, siaran cepat, daya beli mahal
  • Surat kabar; Plus : menjangkau semua lapisan masyarakat, murah; Minus: penyampaian berita tergantung penulis (isi sudah benar? mudah dimengerti  dan dicerna awam? dll)
  • Media Online: Plus: Trending, terutama media sosial & blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat, menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, terdokumentasi. Minus: butuh akses internet, SDM bidang media online masih terbatas, butuh keterampilan khusus mengelola & menulis di media online (internet).

Jadi sangatlah penting peran Humas, kehumasan (public relation) dalam pencapaian target kita, baik untuk mencapai dan penguasaan pasar ekonomi, politik penggalangan masa dan suara, ideologi mempengaruhi masyarakat serta juga persoalan cinta, jadilah wirausaha, politikus, LSM yang cerdas dan kreatif, menangkan persaingan dan kuasi pasar melalui kehumasan di era digital. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga