Opini Perkembangan Industri Teknologi

Perkembangan Industri Teknologi

Sisiusaha (8/6)

Bandung merupakan kota dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbilang kreatif. Hal ini yang melatarbelakangi dipilihnya Kota Bandung sebagai Kota kreatif oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEK) di Indonesia.

Selain industri fesyen, kuliner, desain, dan sektor ekonomi kreatif lainnya yang telah dibahas oleh sisiusaha, Bandung mempunyai satu sektor lagi yang meneguhkan posisinya sebagai Kota Kreatif berskala internasional.

Perkembangan industri teknologi di Kota Bandung dibuktikan dengan banyaknya universitas yang menjadikan teknologi sebagai basis pendidikannya. Diantaranya adalah ITB (Institut Teknologi Bandung), Polban (Politeknik Bandung), dan UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia).

Dengan segudang prestasinya, universitas-universitas ini telah mengharumkam nama Indonesia, dan khususnya Kota Bandung, di kancah Internasional. Selain dari prestasi yang dihasilkan melalui kejuaraan Internasional, ITB (Institute Teknologi Bandung) bekerjasama dengan PT. PINDAD, telah mengenalkan sekaligus mengujicoba mobil berbahan bakar listrik pada pertengahan 2012. Mobil listrik ini dipamerkan dalam rangka memeriahkan karnaval kreativitas ilmu pengetahuan dan teknologi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17.

Membahas PT. PINDAD tidak cukup hanya dengan pengembangan mobil listrik saja. PT. PINDAD sendiri sebenarnya adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Produknya telah digunakan pada misi perdamaian dunia yang dinaungi oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Produk militer (alutsista) yang di produksi PT. PINDAD juga telah banyak dipesan oleh Negara-Negara lain. Singapura, Malaysia, Filipina, Bangladesh, Amerika Serikat, hingga Negara-Negara di Afrika telah memesan produk Alutsista milik PT. PINDAD. Salah satu produk PT. PINDAD yang disegani oleh dunia adalah senjata laras panjang bertipe sniper SPR1, SPR2, SPR3. Senjata ini disegani karena kemampuannya menembus lapisan baja pada jarak tertentu, dimana lapisan baja ini merupakan bahan dasar pembuatan kendaraan berat seperti Tank, Panser, dan truk, yang merupakan alutsista andalan bagi seluruh tentara angkatan darat di dunia.

Beberapa faktor yang disebutkan tadi hanya segelintir dari banyaknya faktor yang dapat mewakili perspektif masyarakat tentang perkembangan industri teknologi di Kota Bandung. Melihat potensi-potensi yang berada di Kota Bandung, diharapkan mampu membantu Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju, bangsa yang dapat mensejahterakan rakyatnya serta disegani oleh Dunia. (AS)

Rekomendasi

Baca Juga