Opini 5 Alasan Umur Tua Mampu Memulai Usaha Kecil

5 Alasan Umur Tua Mampu Memulai Usaha Kecil

sisiusaha (25/11)

Ketika mendengar kata pengusaha, kebanyakan orang berpikir mereka pasti bermuran 20 tahun-an, cerdas, anak tampan yang baru saja menyelesaikan sekolah tinggi atau perguruan tinggi dan ingin mengubah dunia. Gambar-gambar dari Mark Zuckerberd atau pendiri Google yang datang ke pikiran anda. Meskipun benar bahwa banyak dari perusahaan-perusahaan terkenal yang dimulai oleh orang-orang yang masih muda. Walaupun sebenarnya ada juga yang memulai usaha kecil oleh orang-orang 40 sampai 50 tahun-an. Hal itu terjadi karena banyak orang percaya bahwa kelompok usia setua itu lebih memilih menikmati kehidupan stabil mereka atau pasrah pada pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya. 

Jadi mengapa kita berpikir bahwa memulai usaha kecil pada umur 40 sampai 50 tahun sudah tidak bisa? Ada sejumlah alasan kenapa orang yang berumur 50 an masih tidak terlalu tua untuk memulai usaha kecil:

  • 1) Pengalaman
Ini mungkin adalah alasan terbak yang memberikan peluang untuk mereka memulai bisnis pada usia lanjut. Orang-orang ini telah mengumpulkan banyak pengalaman pada saat mereka mencaai 40 sampai 50-an. Mereka telah berada disana melakukan itu. Kebijaksanaan mereka telah dikumpulkan dari bekerja dengan berbagai jenis orang di berbagai situasi yang sangat membantu dalam menjalankan usaha kecil. 
 
  • 2) Kontak
Orang yang memiliki umur 23-30 tahun pasti pengalaman mereka tidak diragukan mengumpulkan sejumlah besar kartu nama. Hal ini dapat sangat berguna ketika memula usaha kecil. Pemilik usaha kecil perlu dukungan jaringan besar yang mencakup berbagai jenis profesional seperti pengacara, akuntan, pemasar dan sebagainya. Jadi begitu mereka menginjak umur lanjut, kontak tersebut pun sangat berguna untuk membangun jaringan yang lebih luas.
 
  • 3) Pengetahuan Sendiri
Orang-orang tersebut telah melalui berbagai pengalaman, termasuk keberhasilan dan kegagalan, dalam kehidupan mereka tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak. Mereka juga punya waktu untuk berpikir tentang diri mereka sendiri dan tahu kekuatan dan keterbatasan mereka. Hal ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin masuk ke bisnis kecil. Hanya melalui pengetahuan diri sendiri bahwa anda dapat menyewa atau bermitra dengan orang-orang pintar yang bisa melengkapi keterbatasan anda.
 
  • 4) Waktu
Sekarang mereka telah mencapai usia yang tidak muda lagi saat masih anak-anak di perguruan tinggi yang lebih sering membuang waktu dibandingkan lebih fokus pada apa yang mereka suka. Disaat usia lanjut, mereka akan lebih fokus pada usaha kecil yang telah dibuka. Mereka tidak perlu khawatir pada kewajiban keluarga. Menjalankan usaha kecil tidak perlu komitmen waktu yang signifikan dan usia tua membantu hal itu.
 
  • 5) Uang 
Seiring dengan waktu, uang adalah faktor lain yang bekerja dalam mendukung orang tua. Mereka mayoritas sudah mengurus pendidikan dan pembayaran rumah untuk anak-anak. Mereka juga teah menyimpan cukup dana untuk pensiun dan memiliki jumlah cukup tabungan pribadi. Hal ini membuat mereka untuk menggunakan tabungan tersebut sebagai uang tambahan sebagai investasi dalam bisnis mereka. Hal ini juga memberikan mereka kesempatan untuk mengambil beberapa resiko. (MAB)
Rekomendasi

Baca Juga