News Bisnis Start Up Makin Diminati Generasi Muda

Bisnis Start Up Makin Diminati Generasi Muda

sisiusaha (24/11)

Seorang mahasiswi Universitas Indonesia (UI), Claristy berpendapat, peluang start up di Indonesia cukup potensial. Apalagi, saat ini sudah banyak inkubator bisnis, baik dari industri maupun dari media. "Yang penting itu ide. Ketika kita punya ide dan bisa mengembangkan menjadi sebuah kreativitas, maka peluang start up (sebuah usaha yang baru yang berkaitan dengan teknologi dan internet) semakin besar karena menjalankannya juga saya rasa tak terlalu sulit," ujarnya.

Teknologi, informasi, dan komunikasi dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Revolusi digital semakin dilihat sebagai peluang untuk menjalankan bisnis start up bagi generasi muda. Meski demikian, mahasiswi jurusan Komunikasi ini belum memiliki ketertarikan menjalankan start up. Pasalnya, Claristy sedang fokus untuk menyelesaikan kuliah sehingga masih banyak yang harus dia selesaikan. Sedangkan yang menjadi penghalang seseorang untuk membangun start up adalah keberanian. Generasi muda, kata dia, sering ragu-ragu untuk mencoba sesuatu yang baru.

"Membangun start up itu kan butuh dedikasi waktu. Sedangkan masih sekarang masih disibukkan dengan urusan kampus. Kalau belum yakin karena masih setengah-setengah takutnya tidak berjalan baik," ucapnya. Tak hanya Claristy, beberapa mahasiswa juga menaruh minat yang besar terhadap bisnis start up. Beberapa mahasiswa lainnya dalam kompetisi DBS Young Economist Stand Up pada materi dengan topik peluang Indonesia di era digital memaparkan hubungan teknologi dengan start up, seperti e-commerce dan aplikasi edukasi.

"Dengan mereka menunjukkan kemampuan presentasi selama lima menit dengan luar biasa, saya melihat mereka bisa melihat berbagai angle yang berbeda dari adanya revolusi digital. Saya optimistis apa yang mereka sampaikan bisa menjadi jangka panjang. Semoga visi yang mereka sampaikan tidak sebatas untuk kompetisi semata, tetapi juga bisa direalisasikan," imbuh aktivis dan pendiri Indonesia Youth Conference, Alanda Kariza yang bertindak sebagai juri. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga