News Agar Unggul Dalam Persaingan Di Dunia Kerja, Sejak Kuliah Mahasiswa Wajib Untuk Kreatif

Agar Unggul Dalam Persaingan Di Dunia Kerja, Sejak Kuliah Mahasiswa Wajib Untuk Kreatif

sisiusaha (24/11)

"Mahasiswa selain berpikir kompetitif dituntut pula untuk lebih kreatif dalam hal menyelesaikan tugas perkuliahan, karena industri dan dunia kerja saat ini sangat membutuhkan ide-ide yang baru dan kreatif,” ungkap dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Konsentrasi Advertising, Erwan Sudiwijaya, S.Sos MBA. Menurut Erwan, industri periklanan begitu pesat pertumbuhannya, sehingga sangat memerlukan kreativitas tinggi untuk mampu bersaing.

Salah satu cara meningkatkan kompetensi mahasiswa adalah dengan menjadi tugas kuliah mereka sebagai bahan untuk mengikuti kompetisi. Karena cara itu bisa melatih mental serta kemampuan mahasiswa. “Tujuannya jelas yaitu untuk melatih mental mahasiswa untuk berkompetisi melalui tugas perkuliahan, karena jika tidak dilatih dari sekarang untuk berpikir kompetitif mahasiswa tidak akan siap ketika terjun ke dunia kerja nantinya,” ujarnya.

Seperti Mahasiswa UMY Jurusan Advertising, Ikhfan Afrido yang mengikutsertakan tugas kuliahnya dalam kompetisi Communication Award hingga meraih juara ketiga. “Pada kompetisi CA tersebut, saya mendaftarkan hasil tugas kuliah penulisan naskah iklan dalam kategori print ad, dan Alhamdulillah mendapatkan juara ketiga,” paparnya.

Tema yang diambil Ikhfan dalam kompetisi tersebut yakni mengenai setop sirkus. Alasannya karena dia merasa prihatin dengan nasib lumba-lumba yang digunakan dimanfaatkan dalam pertunjukkan sirkus. 

"Seharusnya, masyarakat mulai sadar bahwa lumba-lumba saat ini populasinya semakin berkurang dan butuh untuk dilindungi, atas permasalahan itu saya mengangkat tema Setop Sirkus dalam kompetisi tersebut,” imbuhnya. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga