News Produk Ekonomi Kreatif Mampu Hasilkan 140 Triliun

Produk Ekonomi Kreatif Mampu Hasilkan 140 Triliun

sisiusaha (11/10)

Produk ekonomi kreatif memiliki kontribusi sebanyak 7,6 persen atau Rp 140 triliun terhadap total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. “Terhadap total ekspor menyumbang sekitar 10 persen. Di sektor tenaga kerja, industri kreatif mempekerjakan sekitar 7,7 juta orang,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Yanti Sukamdani saat jumpa pers Tourism And Creative Economy Fair (ITCEF) di Jakarta.

Menurut Yanti, industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia adalah salah satu industri unggulan dalam meningkatkan pendapatan negara. Namun sebelum diperkenalkan pada persaingan internasional, masyarakat Indonesia sendiri haruslah mengenal lebih dulu potensi dan kekayaan yang dimiliki negaranya sendiri. “ITCEF merupakan ajang untuk bertukar informasi seputar industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka persiapan menuju persaingan Asean Economic Community (AEC),” kata dia.

Anggota Komisi X DPR ini menjelaskan, pariwisata menjadi industri andalan yang dapat menopang ekonomi nasional saat pelemahan ekonomi dewasa ini. Pengalaman dari banyak negara, kata Yanti, mereka menciptakan inovasi terhadap pariwisata dan indsutri kreatif untuk menjamin ekonomi masyarakatnya. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Deputy Pengembangan Pasar Nusantara, Kemenpar Mumus Muslim mengatakan, sektor pariwisata menjadi industri yang menopang ekonomi nasional, dan sangat significan dalam menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga