News Presiden Jokowi ke AS, Jalin Kerjasama Ekonomi Kreatif

Presiden Jokowi ke AS, Jalin Kerjasama Ekonomi Kreatif

sisiusaha (9/11)

Presiden Joko Widodo di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu malam (24/10), menyatakan tujuan utama kunjungannya ke Amerika Serikat adalah untuk meningkatkan kerjasama bilateral, khususnya terkait dengan investasi dan ekonomi digital serta ekonomi kreatif.

"Utamanya di bidang investasi, di bidang perdagangan dan juga di bidang ekonomi digital dan ekonomi kreatif. Serta pengembangan sisi demokrasi dan toleransi," ujarnya.

"(Kunjungan) di San Fransisco, Silicon Valley, tujuan utama kita adalah ingin membangun poros teknologi dan melihat langsung sukses Amerika Serikat dalam mengembangkan ekonomi digital dan kreatif. Dan manfaat dari ekonomi digital dan kreatif ini nantinya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat di pedesaan." 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan, dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Jokowi akan membahas soal peran strategis Indonesia – AS dalam percaturan dunia global, dan persoalan-persoalan yang menyangkut politik, ekonomi, kerjasama dan sebagainya.

​"Kunjungan di timur, yaitu secara resmi Presiden akan bertemu dengan Presiden Obama, juga dengan pimpinan parlemen dan juga para menteri kelompok lobi. Semata-mata saling membahas dengan bagaimana peran Indonesia –Amerika dalam percaturan dunia global. Dan juga penandatanganan memorandum of understanding, kerjasama di bidang hankam, perhubungan dan macam-macam," ujarnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil mengatakan, beberapa orang menteri yang ikut serta dalam kunjungan kenegaraan ini dijadwalkan melakukan pertemuan dengan menteri terkait serta para pengusaha di Amerika Serikat.

"Sebenarnya (menteri) yang relevan semuanya hadir. Kalau Pak Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika) berangkat langsung ke California, mau persiapan pertemuan dengan masyarakat IT. Kemudian Pak Darmin Nasution (Menteri Koordinator bidang Perekonomian) nanti presentasi tentang kondisi ekonomi. Menteri Keuangan gak bisa ikut karena RAPBN 2016 belum diketok DPR," ujarnya.

Selain Darmin dan Rudiantara, beberapa orang menteri yang ikut dalam kunjungan kenegaaraaan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Kita sangat berharap kerja sama dalam bidang ekonomi kreatif mampu memberikan nilai ekonomis yang signifikan bagi RI. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat