News Manfaat Singkong: Dari Mulai Olahan Pangan hingga Biogas

Manfaat Singkong: Dari Mulai Olahan Pangan hingga Biogas

Sisiusaha (12/12) Singkong, yang lebih populer sebagai olahan pangan khas Indonesia, ternyata juga mempunyai manfaat lain. Daun dan ampas singkong ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai biogas. Namun, hal untuk memproduksi secara masif, diperlukan sinergitas antara beberapa pihak.

“Saat ini, singkong bisa dimanfaatkan untuk sejumlah industri seperti industri tekstil, industri kertas dan lainnya. Sehingga, potensi besar ini harus diidentifikasi dan bisa memberi manfaat lebih bagi petani,” jelas Fransiscus Welirang, Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), seperti dilansir Kompas.com.

Fransiscus melanjutkan, potensi ini bisa dikembangkan secara kolektif, mulai dari petani, pengusaha, investor, dan pemerintah. Di samping itu, hubungan petani bersama industri juga harus diperhatikan. Mereka harus jalin kemitraan yang baik demi keuntungan bersama.

“Ini penting. Kemitraan ini dikontrol oleh pemerintah, dengan lembaganya adalah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Jadi, petani itu diproteksi oleh pemerintah. Sehingga ada sistem dan prosedurnya.” Ucap Fransiscus.

Karena membicarakan singkong, menurut Fransiscus, ada dua hal pola budaya singkong. Satu sisi benih dan sistem, kita juga harus membicarakan aplikasi dari singkong tersebut. Ini bukan hanya masalah pada petani, tetapi juga masalah industri pengolahannya.

“Artinya, industri yang mengolah singkong ini yang kemudian bisa menghasilkan produk singkong yang lain,” pungkas Fransiscus. (WeBe)  

 

Sumber: Kompas.com

Foto: Metrotvnews

Rekomendasi

Baca Juga