News Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rizhanul Ulum Disinggung dalam Sidang Bansos Kabupaten Tasikmalaya

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rizhanul Ulum Disinggung dalam Sidang Bansos Kabupaten Tasikmalaya

Sisiusaha (11/12)

Nama mantan Bupati Tasikmalaya, yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizhanul Ulum, disinggung dalam sidang kasus dana hibah bantuan sosial (bansos) Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, dengan terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) nonaktif Tasikmalaya, Abdul Kodir.

Seperti dilansir Kompas.com, Jaksa Penuntut Umum, Isnan Ferdian, menyatakan, sekitar Agustus 2017, dengan dalih mendapat instruksi dari Bupati Tasikmalaya (ketika itu) untuk membagikan sapi kurban, terdakwa Abdul Kodir memerintahkan seorang bernama Alam Rahadian untuk mencairkan proposal yang sudah teralokasi.

Untuk memenuhi syarat pencairan dana itu, dua orang bernama Setiawan dan Mulyana meminta enam penerima hibah yang sudah memenuhi persyaratan administrasi pengajuan hibah, untuk datang ke Kantor Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. “Ke bagian Kesra untuk menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pakta integritas, dan kuitansi,” tambah Isnan.

Isnan meneruskan, tanggal 31 Agustus 2017, dana hibah telah dicairkan ke rekening milik lima penerima hibah, kemudian satu penerima hibah lagi baru diberikan pada tanggal 6 September 2017. Total dana yang dicairkan itu mencapai Rp 1,5 miliar.

Setelah itu, dana hibah yang sudah dicairkan ke masing-masing penerima, dipotong sebanyak 90%, sehingga masing-masing penerima tersebut hanya mendapatkan Rp 250 juta atau hanya 10% dari total penerimaan dana hibah.

Kemudian, uang hasil potongan 90% itu dibagi-bagi kepada tujuh terdakwa, dimana terdakwa Abdul Kodir mendapatkan uang sejumlah Rp 375 juta, atau mencapai 50% dari total dana hibah yang dipotong dari enam penerima dana hibah. Sementara itu sisanya Rp 375 juta yang lain, diserahkan ke Maman Jamaludin.

Selain Abdul Kodir, ada Setiawan yang mendapat Rp 150 juta, Mulyana Rp 262 juta, Lia Sri Mulyani mendapat Rp 52,5 juta. Sementara itu, untuk tersangka Eka dan Alam mendapat Rp 67,5 juta. (WeBe)

 

Sumber: Kompas.com

Foto: Jabar Tribun

 

Rekomendasi

Baca Juga