News Kemendes PDTT dan Kementerian BUMN Buka Petrashop serta BUMNShop di Sukabumi

Kemendes PDTT dan Kementerian BUMN Buka Petrashop serta BUMNShop di Sukabumi

Sisiusaha (6/12)

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan Pertashop dan BUMNShop untuk meningkatkan perekonomian di desa-desa di Sukabumi. Peluncuran tersebut dihadiri langsung oleh Eko Putro Sandjojo selaku Menteri Desa PDTT dan Rini Soemarno selaku Menteri BUMN.

Melalui siaran persnya, Eko menyatakan, dua Kementerian ini membuat PT. Mitra BUMDes Nusantara sebagai pengawas, karena belum semua BUMdes mampu mengelola dana desa yang disebabkan masih terbatasnya SDM di sana. “Yang penting jalan aja dulu, mulai dulu, nanti akan terus dibantu,” tutur Eko saat sosialisaasi kerjasama pembentukan Pertashop dan BUMNShop di Hotel Augusta, Sukabumi.

Dalam keterangannya tersebut, Eko menambahkan, ada BUMDes yang pendapatannnya lebih besar dari dana desanya, sehingga sekarang mereka bisa fokus ke pemberdayaan ekonomi sekaligus masyarakatnya. Hal tersebut senada dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk peningkatan SDM.

“Tahun depan, akan kami kirim Kepala Desa dan Pendamping Desa untuk belajar ke luar negeri,” kata Eko. Selanjutnya, ia juga meminta program Pertashop dan BUMNShop untuk dimaksimalkan warga Sukabumi, karena nantinya Sukabumi akan menjadi contoh bagi daerah lain.

Sementara itu Rini menyampaikan, Pertashop ini akan menjual BBM di desa, produk-produk Pertamina dan BUMN lainnya seperti dari Bulog, Pupuk Indo, Telkom, dan perbankan, sehingga masyarakat desa bisa melakukan aktivitas usaha.

Kemudian, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, mengatakan, dana desa di Sukabumi digunakan untuk penyertaan BUMDes ke 47 Kecamatan dan 381 Desa di Kabupaten Sukabumi. 

“Hadirnya kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan peran BUMDes dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, ketersedian pangan & bahan pokok, dan BBM. Lahirnya Pertashop diharapkan akan membantu memenuhi kebutuhan BBM masyarakat. Tentu saja pengurus BUMDes siap untuk bekerjasama,” ungkap Adjo.

Pertashop sendiri merupakan unit SPBU modular dengan kapasitas tangki 5.000 liter, dan merupakan inovasi untuk mempermudah masyarakat daerah membeli BBM, khususnya jenis Pertalite.

Hingga akhir 2018, Pertamina sendiri menargetkan pembangunan lima unit Pertashop dan seluruh pengelolaannya diserahkan ke usaha masyarakat, seperti BUMDes. Pertashop ini juga diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian daerah. (WeBe)  

 

Sumber: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Foto: Youtube.com

Rekomendasi

Baca Juga