News CFO Huawei Ditangkap oleh Otoritas Kanada

CFO Huawei Ditangkap oleh Otoritas Kanada

Sisiusaha (6/12)

Eksekutif perusahaan teknologi Huawei yang menjabat sebagai Chief Finance Officer (CFO), Wangzhou Meng, ditangkap oleh otoritas Kanada. Kabar ini tersiar melalui Business Insider, seperti diberitakan The Global and Mail dan South China Morning Post.

Penangkapan tersebut merupakan permintaan dari otoritas Amerika Serikat kepada otoritas Kanada. Setelah melalui berbagai macam tuduhan, Wangzhou dikabarkan akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Kabar mengejutkan ini terjadi bersamaan dengan perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok, serta sedang berlangsungnya sanksi Amerika Serikat terhadap Iran. Wangzhou, dituduh melanggar kebijakan Amerika Serikat tersebut.

Otoritas Kanada menangkap Wangzhou di kota sebelah barat kanada, yakni Vancouver, pada sabtu lalu. Sesaat setelah penangkapan, Amerika Serikat langsung meminta Wangzhou untuk diekstradisi, untuk kemudian melakukan sidang awal pada jumat.

Terkait dengan penangkapan ini, belum ada pernyataan resmi, baik itu dari pihak Pemerintah Amerika Serikat dan dari Huawei.

Huawei merupakan salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok serta produsen ponsel cerdas terbesar nomor dua sedunia. Produk Huawei saat ini sedang dibawah penyelidikan otoritas Amerika Serikat, karena dianggap ada fitur yang bisa memata-matai Amerika Serikat.

Pihak Amerika Serikat sendiri telah menyelidiki kecurigaan tersebut sejak 2016. Menurut Reuters, Huawei secara berkala mengirimkan produknya ke Iran dan beberapa Negara yang dikenakan sanksi oleh Amerika Serikat.

Sementara itu, menurut Huawei, Wangzhou Meng telah bergabung dengan perusahaan tersebut sejak 1993 dan langsung menduduki jabatan eksekutif. Ia merupakan anak dari pendiri perusahaan Huawei yang bernama Ren Zhengfei.  

 

Sumber: Business Insider

Foto: CNN

 

Baca Juga:

Ada Apa dengan Huawei?

Jerman Anggap Huawei Tidak Berbahaya

Rekomendasi

Baca Juga