Trivia Festival Pesona dan Selamatkan Danau Limboto 2017

Festival Pesona dan Selamatkan Danau Limboto 2017

sisiusaha (22/8)

creative people.. Festival Pesona Danau Limboto kembali akan digelar pada 21 hingga 25 September 2017 di Gorontalo. Peluncurannya dilakukan di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, pada bulan Mei lalu oleh Prof. I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata mewakili Menteri Pariwisata.

"Keberadaan festival danau bukan hanya untuk menyemarakkan sekaligus melestarikan seni budaya di sekitar Danau, namun juga memiliki nilai strategis bahwa Danau bisa mendatangkan wisatawan sehingga memiliki multiefek ekonomi bagi masyarakat di sekitar danau sekaligus meningkatkan PAD Daerah," papar I Gde Pitana.

Dan yang paling penting, kata Pitana, kebaradaan danau semakin terjaga lingkungannya, penghijauan semakin lebih baik dan selalu mendapat perhatian dari Pemda untuk tetap menjaga Danau agar dikunjungi wisatawan. “Apalagi saat ini ada sekitar 15 danau mengalami kerusakan sehingga perlu direvitalisasi,” jelasnya.

Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menilai Danau Limboto memiliki potensi yang sangat banyak. Selain memiliki pemandangan yang indah, juga meenghasilkan perikanan, tempat migrasi burung langka juga untuk pariwisata.

Nelson mengharapkan danau Limboto bisa lebih dikenal dan menarik lagi wisatawan dari luar Gorontalo serta Manca Negara “Dengan gathering ini alhamdulillah kita persiapkan sebaik-baiknya festival danau Limboto. Festival ini juga untuk pelestarian danau, dulu danau Limboto luasnya 7.000 hektar kini tinggal 3.000. Kedalamannya juga kini tinggal sekitar dua setengah meter,” paparnya.

"Dalam 10 tahun ke depan, diperkirakan danau Limboto akan hilang jika tidak dilakukan tindakan nyata penyelamatan dan pelestarian. Sedimentasi di danau Limboto cukup besar dan juga eceng gondoknya banyak, jika tidak ada upaya pelestarian, maka dikhawatirkan danau ini bisa hilang. Dulu danau Limboto luasnya 7.000 hektar kini tinggal 3.000. Kedalamannya juga kini tinggal sekitar dua setengah meter." lanjutnya.

 

Seperti dilansir Republikpos.com, Koordinator Penyelenggara Festival Pesona Danau Limboto, Rike Sumangkut mengatakan bahwa danau yang sebagian besar wilayahnya terletak di Kabupaten Gorontalo ini sangat sarat dengan nilai sejarah yang menurutnya memiliki potensi daya jual pariwisata yang sangat besar.

"Dari segi story (cerita) sejarah Danau Limboto ini sangat kuat. Tidak semua danau di Indonesia memiliki legenda dengan kisah yang kuat seperti Danau Limboto," ujar Rike.

Menurut wanita yang memiliki usaha travel ini, selama ini Danau Limboto lebih banyak dikenal sebagai danau yang kondisinya kritis, dan merupakan tempat migrasi burung. Sementara ada beberapa hal yang seharusnya melekat pada Danau Limboto, seakan terpisah.

Saat ini, kata Rike pihaknya sedang mengoptimalkan promosi budaya, sejarah, dan berbagai faktor penunjang terkait Danau Limboto. "Sedang kami optimalkan, nanti pada penyelenggaraan festival semua akan tampak" pungkasnya. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga