News Menkop: UKM Akan Berkembang jika Bunga KUR 9%

Menkop: UKM Akan Berkembang jika Bunga KUR 9%

sisiusaha (30/10)

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) AAG Puspayoga mengaku sedang mengusahakan agar bunga kredit usaha rakyat (KUR) turun menjadi 9% dari bunga sebelumnya. Hal ini untuk membantu UKM dan koperasi bisa memperluas usahanya.

Selain itu, ‎Puspayoga juga optimistis, dengan diturunkannya bunga kredit tersebut, bisa membetuk UKM dan koperasi baru yang potensial dan membantu perbaikan ekonomi Indonesia.

"Fungsi pokok kita pembiayaan dan penguatan koperasi. Maka kita berjuang bagaimana bunga kredit bisa diturunkan dari 22% menjadi 12% dan akan turun lagi menjadi 9%. Ini kan sudah dimanfaatkan UKM dan koperasi," kata dia di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Dia mencontohkan, usaha warung tegal (warteg) yang pengusahanya adalah ibu-ibu rumah tangga. Mereka meminjam kredit ke bank senilai Rp20 juta. Sedangkan penghasilan sehari Rp1,5 juta.

"Kemudian saya tanya, Rp20 juta itu untuk apa? Mereka bilang, untuk buka warteg lagi. Jadi mereka buka cabang. Karena penghasilan mereka sudah Rp1,5 juta sehari. Itu gede lho. Dan mereka rata-rata punya karyawan tiga orang," pungkasnya. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga