Trivia 5 Cara Cerdas Membangun Personal Branding

5 Cara Cerdas Membangun Personal Branding

sisiusaha (06/4)

creative people.. Sukses itu relatif dan sangat beragam standarnya, namun apapun bentuk sukses perlu adanya pengakuan dari lingkungan. Hal ini bukan dimaksudkan untuk kesombongan akan tetapi lebih sebagai alat ukur untuk mengevaluasi. Kesuksesan tidak dapat dipisahkan dengan personal branding, untuk itu perlu membangun personal branding dengan cara yang cerdas.

Sukses sebagai eksekutif, pengusaha, atau profesional membutuhkan personal branding yang baik. Eksekutif perusahaan papan atas, bintang Hollywood sampai dengan atlit kelas dunia telah lama melakukan hal ini. Sekarang, orang-orang cerdas di segala bidang menggunakan personal branding untuk bisa meraih serta mempertahankan kesuksesannya.

Seperti halnya membangun brand dalam dunia komersial, keberhasilan brand diri sendiri juga sangat didasarkan pada persepsi orang lain. Persoalannya bagaimana cara membangun personal branding yang baik dan cerdas agar persepsi orang lain sesuai dengan apa yang ditargetkan dan bernilai positif.

Karena personal branding merupakan persepsi publik terhadap diri yang anda ciptakan, maka harus cermat sebelum betul-betul membangun. Jangan sampai salah menempatkan personal branding. Dalam membangun personal branding setidaknya ada 5 hal penting yang perlu dilakukan, selain cara cerdas juga dibutuhkan kreatifitas untuk itu.

1. Memiliki ciri khas
Anda bisa mengolok-olok gaya rambut Ahmad Albar yang kribo sesuka hati, tapi justru itu merupakan bagian penting dari trademark-nya yang membedakan dia dari orang lain serta sebagai ciri yang membuat orang langsung ingat dia. Mengembangkan gaya khas Anda adalah taktik yang bagus untuk personal branding, bisa disamakan dengan logo pada suatu produk. Tapi tentu saja harus tetap diimbangi dengan membangun identitas karier melalui prestasi, atau pengalaman yang kaya dalam bidang Anda.

2. USP (Unique Selling Proposition)
Sebuah USP atau masalah nilai jual yang dapat memberikan brand value proposition yang menarik dan unik dengan target pasarnya. Hal ini juga dapat diterapkan pada diri Anda. Anda harus dapat memunculkan hal istimewa yang membedakan Anda dari orang lain, dan menetapkan persamaan nilai tentang kemampuan Anda ketika Anda pitching diri sendiri untuk pekerjaan, promosi, atau kontrak kerja freelance. Misalnya, Anda seorang peneliti pasar, tetapi bukan peneliti biasa, melainkan seorang peneliti yang mengkhususkan diri dalam konsumen anak muda atau tentang preferensi pembelian mereka.

3. Manfaatkan media sosial untuk terkenal
Visibilitas merupakan hal penting dalam dunia produk. Itulah mengapa perusahaan menghabiskan begitu banyak uang untuk iklan, PR dan kampanye media sosial. Hari ini, dengan adanya media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan bahkan LinkedIn, ada lebih banyak kesempatan untuk mulai meluncurkan kampanye Anda. Anda dapat membangun profil online Anda dan blog tentang topik yang menarik di seluruh platform sosial seperti Kompasiana atau yang lainnya. Anda juga dapat aktif pada tingkat pribadi dalam industri Anda, perusahaan Anda, atau komunitas Anda. Orang-orang akan meng-google Anda dan mereka akan menemukan, brand image yang konsisten dan kuat. Anda akan menemukan visibilitas yang membawa manfaat besar.

4. Kembangkan keterampilan presentasi yang kuat
Brand komersil memiliki kemewahan untuk mampu menyewa aktor dan selebriti dalam berpromosi. Jika Anda tidak nyaman berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan ide-ide, bahkan dalam rapat sekalipun, berarti Anda punya masalah yang bisa merugikan. Nah, mulailah menyisihkan waktu untuk berlatih bicara, atau mengambil kursus-kursus keterampilan presentasi atau secara online. Semakin baik lisan Anda, dan semakin percaya diri dalam menyampaikan, semakin sukses Anda nantinya.

5. Perluas jaringan
Anda tidak dapat mencapai kesuksesan karier sendirian, dan Anda tidak dapat melakukannya tanpa perencanaan. Brand Manager bertugas untuk mengembangkan rencana pemasaran step by step untuk mencapai tujuan dan Anda sebaiknya juga begitu. Rencanakan aksi pemasaran pribadi Anda meliputi: tujuan, target pasar, kerangka waktu, taktik tertentu,dan pengukuran. Demikian juga, Anda harus menyiapkan langkah-langkah tindakan tertentu untuk mencapai tujuan Anda. (M Abduh Baraba)

 

Artikel Terkait:

Simbol Pada Branding..

Orpa Dwi: Peranan Branding Bagi UKM

Postingmu Adalah Dirimu

Rekomendasi

Baca Juga