News Tingkatkan Ekonomi Desa, Bupati Indah Dorong Pembentukan BUMDes

Tingkatkan Ekonomi Desa, Bupati Indah Dorong Pembentukan BUMDes

sisiusaha (09/3)

creative people.. Banyak cara yang dilakukan oleh pemimpin daerah untuk memajukan perekonomian wilayahnya, dari berbagai cara yang paling utama adalah niat memanfaatkan kekuasaannya untuk mensejahterakan masyarakat, bukan justru sebaliknya. Hal ini dilakukan oleh Bupati Indah untuk meningkatkan ekonomi desa dengan mendorong pembentukan BUMdes.

Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan, meminta kepada pemerintah desa agar dapat berinovasi dengan mengembangkan dan mengelolah potensi lokal ekonomi desa. Pengelolaan itu dapat dilakukan dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

"Pembentukan BUMDes tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemerintah desa dan masyarakat agar dapat berpikir kreatif dan inovatif dalam mengelola potensi yang ada di desanya," jelas Indah Putri, saat penyerahan DIPA desa, di Masamba, belum lama ini.

Target akhir adanya BUMDes ini, Bupati Indah menambahkan, adalah masyarakat desa dapat berkembang dari sisi ekonominya, baik lewat sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan sebagainya.

Ia menyebutkan beberapa potensi lokal desa yang dapat dikembangkan dan dikelolah melalui BUMdes, antara lain potensi perkebunan kakao yang ada di desa Batu Alang Kecamatan Sabbang, percetakan batu merah di Desa Harapan Kecamatan Mappedeceng, dan pengelolaan wisata river boat di Desa Balebo Masamba. " “Fungsi BUMDes ini sangat penting, akan banyak yang merasakan mamfaatnya bila BUMDes ini berjalan,” kata dia.

Secara terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Luwu Utara, Misbah, menyebutkan, saat ini hampir semua desa di Luwu Utara sedang menggagas terbentuknya BUMdes. Namun masih dalam tahap penguatan kelembagaan dan peningkatan kemampuan pengelolah.

"Setidaknya terdapat 12 BUMdes yang cukup aktif, masing-masing bergerak di bidang jasa, simpan pinjam, pengembangan bibit bunga, pengelolaan bibit sayur mayur, pengelolaan pasar desa, pupuk, percetakan batako dan sebagainya" tandas Misbah. (EKA/RED)

sumber: fajaronline

Artikel Terkait:
Kepala 'Manager' Desa (Good Village Governance)
Instruksi Presiden Kepada Mendes baru: Percepat Pembangunan Desa
Begini Cara Agar Desa Maju
Semangat Memajukan Desa, Sudah Menerapkan Hal Ini?

Rekomendasi

Baca Juga