News Anggaran Transfer Daerah Dan Dana Desa 2017 Sebesar 764,9 Triliun

Anggaran Transfer Daerah Dan Dana Desa 2017 Sebesar 764,9 Triliun

sisiusaha (14/1)

creative people.. Pemerintah bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menyepakati APBN 2017. Dalam APBN tersebut, pemerintah menganggarkan dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar 764,9 triliun. Anggaran tersebut telah melebihi anggaran belanja Kementerian/Lembaga.

Seperti diketahui, anggaran transfer ke daerah dan dana desa merupakan bagian dari desentralisasi fiskal dan otonomi daerah yang digunakan untuk memformulasikan kembali struktur hubungan keuangan antara pusat dan daerah. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas alokasi dan pemanfaatan sumber daya.

Dalam acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Keuangan pada Senin kemarin, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Boediarso Teguh Widodo, menyampaikan materi mengenai Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa dengan tema “Evaluasi APBN-P 2016 dan Tantangan Pelaksanaan APBN 2017”.

Dalam acara tersebut, ia juga menyampaikan bahwa sejak tahun 2016, anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa telah ditetapkan lebih besar daripada anggaran Belanja Kementerian/Lembaga. Nilai tersebut terus dijaga dalam APBN tahun 2017 dengan mengalokasikan anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp764,9 triliun, sedangkan anggaran belanja Kementerian/Lembaga dialokasikan sebesar Rp763,6 triliun.

Naiknya anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa ini bertujuan untuk mewujudkan Nawacita ketiga yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. (EKA/RED)

sumber: Kemenkeu


Baca Juga: Semangat Memajukan Desa, Sudah Menerapkan Hal Ini?

Rekomendasi

Baca Juga