News GESITS, Motor Listrik Pertama Buatan Anak Bangsa

GESITS, Motor Listrik Pertama Buatan Anak Bangsa

sisiusaha (29/12)

creative people.. Kalau motor berbahan bakar bensin itu biasa, tapi motor listrik yang mampu melaju sampai dengan 100km per jam itu luar biasa. GESITS, motor listrik pertama buatan Anak Bangsa ini merupakan sepeda motor skutik otomatis dengan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Motor ini dapat menempuh jarak sejauh 80 km–100 km dalam satu pengisian baterai. Untuk kecepatan maksimal sampai dengan 100 km per jam atau sama dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Si Gesits merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan salah satu negera maju di Asia. Si Gesits bukanlah nama orang atau sebuah perusahaan, melainkan sebuah sepeda motor listrik yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo.
Gesits merupakan singkatan dari "Garansindo Electric Scooter ITS", motor ini kabarnya akan diproduksi pada tahun 2017, dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015.

Untuk pengisian baterai hanya butuh waktu yaitu 1,5 jam hingga 3 jam saja. Yang unik, adanya metode penggantian baterai dengan tukar tambah baterai di fasilitas umum seperti minimarket atau SPBU di berbagai daerah. Rencananya Garansido akan mempermudah pengisian baterai dengan cara bekerjasama dengan pihak SPBU dan Minamarket untuk menyediakan layanan penggantian atau penukaran baterai.

Jadi sobat otomotif tak perlu mengisi ulang baterai, karena bisa langsung di tukar dengan baterai yang sudah terisi penuh. Tentunya hal ini akan sangat membantu, sehingga waktu tak akan terbuang sia-sia untuk mengisi daya baterai Si Gesits.

Dalam siaran pers yang dilansir KONTAN, Al Abdullah, CEO Garansindo Group mengatakan, GESITS akan menjadi tolak ukur beberapa fondasi penting suatu bangsa. Di antaranya, akan menjadi produk hasil riset universitas pertama yang berhasil menjadi produksi massal. Dan juga GESITS merupakan hasil karya anak bangsa yang menjadi kendaraan buatan asli bangsa Indonesia.

"Besar harapan skuter listrik GESITS dapat menjadi pionir dalam industri otomotif karya anak bangsa. serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berinovasi dalam mewujudkan kemampuan dan mimpinya," ujar Al Abdullah.

Motor karya anak bangsa ini harus dibanderol murah agar bisa bersaing melawan skuter buatan Yamaha, Honda, atupun Suzuki. Idealnya, harga Si Gesits dibanderol sekitar Rp. 15 Jutaan, yang notabennya merupakan harga ideal untuk sebuah sepeda motor. Selain itu, perlu adanya penyuluhan agar masyarakat Indonesia bisa mengetahui seluk beluk mengenai kekurangan dan kelebihan motor ini, sehingga masyarakat Indonesia tak segan-segan membelinya. (MAB/RED)

Rekomendasi

Baca Juga