News Ponsel Pintar Layar Lipat Akan Muncul Tahun Depan

Ponsel Pintar Layar Lipat Akan Muncul Tahun Depan

sisiusaha (24/12)

creative people.. Produsen ponsel pintar terus mengembangkan teknologinya, salah satu produk terbaru yang akan muncul tahun depan adalah ponsel pintar lipat. Etnews, menyebutkan beberapa perusahaan elektronik ternama akan berkolaborasi dalam mengembangkan layar lipat untuk ponsel.

Samsung tampaknya yang akan lebih cepat muncul dipasaran untuk smartphone yang dapat ditekuk tahun depan, menurut berbagai sumber. Namun, masih belum diketahui apakah perilisan smartphone tersebut memiliki hubungan dengan paten baru Samsung.

Nantinya bukan hanya Samsung saja yang memegang kendali akan layar OLED. Apple, Google, dan Microsoft dilaporkan bermitra dengan LG dalam memproduksi panel OLED fleksibel. Lebih lanjut dikatakan bahwa layar yang bisa dilipat itu akan diproduksi massal mulai 2018.

Seperti dikutip Liputan6 (22/11), Apple juga telah mendapatkan paten untuk perangkat layar fleksibel atau layar lipat. Paten tersebut diperoleh dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS dengan nomor 9.504.170.

Menurut CNET, ponsel yang dapat ditekuk dapat memiliki berbagai fitur menarik. Menekuk sebuah ponsel dapat membuatnya menjadi lebih mudah untuk dibawa. Tidak hanya itu, bodi ponsel yang melengkung akan membuatnya lebih nyaman saat digunakan untuk menelepon.

Untuk waktu lama, Samsung telah melakukan eksperimen untuk membuat layar ponsel fleksibel. Dengan Galaxy Edge, Samsung berhasil membuat layar yang fleksibel pada bodi yang kaku. Dengan kata lain, meski bagian smartphone tersebut melengkung pada sisi kanan dan kirinya, tapi bodinya tidak bisa ditekuk. Ke depan, tampaknya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memang tertarik untuk membuat ponsel yang dapat ditekuk atau bahkan dilipat.

Kali ini bukanlah pertama kalinya muncul paten tentang ponsel yang dapat dilipat. Tahun lalu, paten Samsung menampilkan konsep desain untuk smartphone lipat dan bahkan smartphone yang dapat digulung. Untuk membuat ponsel yang dapat dilipat atau ditekuk, para vendor masih menghadapi masalah teknis. Tidak hanya vendor harus membuat layar yang dapat ditekuk tanpa rusak, mereka juga harus memikirkan komponen yang ada di dalam ponsel.

Menurut kabar ponsel pintar lipat ini nantinya berukuran 5 inc namun setelah dibuka ukuran menjadi 7 inc dan ketika dilipat bentuknya menyerupai buku catatan kecil. Untuk prosesor akan menggunakan snapdragon 620 atau bahkan snapdragon 820 dengan kapasitas RAM 3GB. (EKA/RED)

Rekomendasi

Baca Juga