News Ide Kreatif Sesaat Lagi Bisa Jadi Jaminan Bank..?

Ide Kreatif Sesaat Lagi Bisa Jadi Jaminan Bank..?

sisiusaha (15/10)

Pemerintah telah membentuk Badan Ekonomi Kreatif (BEK) guna memajukan sektor ekonomi kreatif. Badan ini diharapkan dapat memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada pengusaha di bidang ekonomi kreatif. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan, skema pemberian KUR pada sektor ekonomi kreatif bisa dijaminkan dengan ide dari ekonomi kreatif itu sendiri. Kan sekarang orang mau agunkan harus jaminan mobil atau rumah, sekarang ide, ujarnya. 

"Dalam UU Nomor 28 Tahun 2014 ‎tentang HAKI, daya kreasi orang atau ide sudah bisa jadi agunan. Tapi gimana caranya, karena enggak ada jaminan. Jaminan ya ide itu sendiri," kata Triawan Munaf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, hal itu disampaikan beberapa bulan lalu senin (4/5/2015). Ia pun sempat mengutarakan hal tersebut dalam pertemuannya dengan Jusuf Kalla. Kepada Wapres Triawan juga menyampaikan bahwa ke depannya ekonomi kreatif bisa menjadi pilar ekonomi bangsa, sehingga pemerintah tidak harus bergantung pada sumber daya alam.

Cara untuk mewujudkan hal itu adalah dengan memberikan akses yang lebih baik terhadap para pelaku industri untuk mendapatkan modal. Selain gagasan pengagunan ide, sejumlah kemudahan bagi pelaku industri kreatif untuk mendapatkan kredit juga harus diberikan. "Ada 16 subsektor (yang berpotensi dikembangkan), kuliner, fashion, film, seni pertunjukan, games, games aplikasi dan lain-lain, itu luar biasa," tuturnya.

Namun hingga saat ini belum terdengar lagi perkembangan rencana tersebut, besar harapan segera terealisasi agar pelaku ekonomi kreatif mampu mewujudkan ide sehingga menghasilkan nilai ekonomis. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat