Trivia Facebook Incar Sektor UKM

Facebook Incar Sektor UKM

sisiusaha (16/12)

creative people.. Facebook Indonesia tengah mengincar sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sampai saat ini dinilai sangat besar jumlahnya dan masih sangat potensial untuk dikembangkan lebih jauh dari sisi digital marketing.

Waizly Darwin, SMB Lead of Facebook Indonesia mengemukakan Facebook berencana menggarap sektor UKM yang dinilai masih sangat potensial tersebut dengan menyediakan berbagai tools yang dapat digunakan oleh UKM untuk menjaring market yang lebih luas.

"Nanti yang akan kami lakukan adalah menghilangkaan friksi antara buyer dan seller selama ini, toolsnya banyak dan saya rasa toolsnya itu open, semua bisa menggunakannya," tuturnya

Selain menyediakan tools untuk pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya, Facebook juga berencana menggandeng sejumlah platform e-commerce yang memiliki visi mengembangkan UKM seperti marketplace Bukalapak. "Kami di Facebook tahu bahwa ekonomi berbasis digital ini sangat solid, ada banyak hal yang kami lakukan seperti menggandeng banyak partner lain," katanya.

Dia optimistis dengan jumlah pengguna Facebook yang telah mencapai sebanyak 1,8 miliar secara global dan sebesar 88 juta pengguna Facebook di Indonesia, sektor UKM dapat mengembangkan bisnis rintisannya dengan cepat. "Saya lihat yang paling penting bagi UKM adalah bagaimana mereka belajar mencari potensi market dari dalam dan luar negeri," ujarnya.

Sementara itu, COO Bukalapak Willix Halim mengemukakan digital marketing dinilai sangat dibutuhkan bagi pelaku UKM yang baru memulai bisnisnya agar dapat menemukan marketnya dengan mudah di seluruh Indonesia. "Misi kami saat ini adalah memajukan sektor UKM melalui berbagai layanan dan fitur terbaru kami di Bukalapak," tuturnya.

Dia juga mengatakan sampai saat ini jumlah pelapak yang telah memasarkan produknya di Bukalapak telah mencapai angka sebesar 1 juta pelapak dengan jumlah produk yang telah mencapai 70 juta produk. Menurutnya, salah satu upaya yang akan dilakukan Bukalapak untuk mendorong UKM menghadirkan layanan BukaIklan.

"BukaIklan ini kerja sama antarra Bukalapak dan Facebook yang menggabungkaan kekuatan dua platform untuk mendorong UKM dalam menjalankan bisnisnya secara online," katanya.

Willix optimistis melalui kerja samanya dengan Facabook tersebut, seluruh pelaku UKM dapat berlangganan iklan Facebook Ads dan mempromosikan berbagai produk pelapak dengan target market pengguna Facebook. "Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi pemasaran dan penjualan produk UKM secara efektif dan sampai pada sasaran," tukasnya. (EKA/RED)

 

Rekomendasi

Baca Juga