News E-Tilang Akan Diberlakukan Polisi Mulai 16 Desember 2016

E-Tilang Akan Diberlakukan Polisi Mulai 16 Desember 2016

sisiusaha (15/12)

creative people.. Pelanggaran lalu lintas mulai Jum'at 16 Desember 2016 akan di proses melalui aplikasi e-tilang oleh polisi. Proses penilangan yang dulunya rumit dan menyita banyak waktu lewat persidangan, kini tidak akan ada lagi.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia akan menghubungkan semua varibel lalu lintas, transportasi dan pajak dengan aplikasi E-Tilang. Aplikasi yang bisa diunduh di Playstore ini tengah dikembangkan berkaitan dengan program Program Electronic Registration and Identification (ERI), Program Electronic Road Pricing (ERP), e-Samsat (pembayaran pajak dengan sistem on line), e-Parking, Electronic Toll Collect (ETC) dan Electronic Law Enforcement (ELE).

E-Tilang dipercaya akan membawa kemudahan bagi semua kalangan, baik penegak hukum, kantor pajak, khususnya bagi masyarakat. Terpenting adalah untuk menjauhkan praktek pungli dan suap yang identik dengan mereformasi penegakan hukum lantas di jalanan.

Sistem daring dan real time ini akan pula dihubungkan dengan sistem perpanjangan SIM, termasuk bisa mengakumulasi poin pelanggaran yang pernah dilakukan sebagai pertimbangan perpanjangan SIM.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, menjelaskan alih-alih ditilang menggunakan blanko/surat tilang, pengendara yang melanggar akan dicatat melalui aplikasi yang dimiliki personel kepolisian. Setelah terekam, pengendara dalam waktu singkat akan mendapat notifikasi berupa kode yang isinya persis seperti surat tilang, disertai kode untuk melakukan pembayaran denda melalui BRI.

Melalui E-Tilang pelanggar diarahkan untuk membayar denda tilang melalui teller, ATM BRI, atau transfer bank ATM bersama, sms banking BRI maupun internet banking BRI atau EDC BRI. Pembayaran elektronik ini sekaligus diklaim bisa menghilangkan praktik percaloan termasuk mengikis pungutan liar di jalanan, semoga..! (EKA/RED)

Rekomendasi

Baca Juga