News UMKM penggerak sektor ekonomi Cirebon

UMKM penggerak sektor ekonomi Cirebon

sisiusaha (13/10)

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Cirebon Agus Mulyadi, Selasa, mengatakan UMKM merupakan sektor penggerak utama perekonomian kota Cirebon dimana sektor ini adalah yang paling subur dan paling banyak yaitu mencapai 1469. "UMKM kota Cirebon merupakan penggerak perekonomian, karena dengan adanya UMKM ini banyak tenaga kerja yang terserap," katanya, seperti di kutip antaranews.

Agus Mulyadi menuturkan UMKM yang terdaftar mencapai 1469 dan masih banyak UMKM yang belum terdaftar dan jumlahnya lebih banyak, maka kalau melihat perbandingan dengan sektor penggerak lain UMKM lah yang paling dominan. "Ketika melihat data yang ada bahwa UMKM berjumlah 1469 yang terdaftar, usaha besar hanya 59 perusahaan saja berarti penyerap tenaga kerja terbanyak adalah UMKM dibandingkan dengan sektor yang lain," katanya.

Dari data yang ada, lanjutnya, penggerak perekonomian kota Cirebon yaitu UMKM. Dia menambahkan pihak pemerintah yang dalam hal ini adalah diwakili oleh disperindag tidak hanya mendata akan tetapi pihaknya juga sering melakukan bantuan-bantuan dan penyuluhan kepada pihak UMKM yang ada dengan melalui penyuluhan secara langsung ataupun dengan pemberian arahan dan pelatihan. 

"Kami juga memberikan pelatihan dan membawa mereka untuk pameran-pameran keluar untuk memperkenalkan produknya," tambahnya. Selain dengan pelatihan pihaknya juga memberikan arahan untuk UMKM agar bisa melengkapi syarat administartif jika mereka ingin mengembangkan usaha mereka. (MAB) dikutip dari antaranews.
 

Rekomendasi

Baca Juga