News Malam Ini, Saksikan Fenomena Supermoon Terbesar dalam 68 Tahun

Malam Ini, Saksikan Fenomena Supermoon Terbesar dalam 68 Tahun

sisiusaha (14/11)

creative people.. Fenomena supermoon terbesar dalam 68 tahun terakhir akan menghiasi langit malam pada 14 November 2016 ini. Seperti dilansir Travel and Leisure, tempat terbaik untuk melihat fenomena tersebut adalah dari kursi pesawat terbang. Namun, jika tidak memiliki jadwal terbang pada saat itu, beberapa tempat di seluruh dunia juga bisa menjadi lokasi untuk mengamati supermoon.

Astronom Richard Nolle menjelaskan, supermoon adalah fenomena bulan baru yang terjadi pada saat bulan berada sangat dekat dengan bumi. Oleh karena itu, bulan tampak lebih besar dari biasanya. Supermoon pada malam ini menjadi spesial karena akan menjadi posisi bulan terdekat dengan bumi sejak 26 Januari 1948.

Jika Anda melewatkan momen supermoon pada November nanti, masih akan ada supermoon yang jatuh pada 14 Desember. Namun, supermoon Desember tidak akan sebesar fenomena supermoon November. Dikutip dari The Independent, Senin (14/11), supermoon pada sore atau malam nanti merupakan yang terbesar sejak 68 tahun terakhir. Sekitar pukul 15.00 WIB, bulan akan berbentuk purnama. Namun, tak seperti biasanya. Ia akan lebih terang dan tampak lebih besar.

Supermoon terjadi karena bertemunya dua peristiwa astronomis dalam waktu bersamaan. Pertama, fase purnama bulan ketika sinar matahari menimpa permukaan bulan seutuhnya yang menghadap ke bumi. Kedua, lantaran bulan berada tepat di titik terdekatnya dengan bumi. Dengan kata lain, matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis.

Sebagai informasi, satelit alami itu mengitari bumi tiap 27 hari plus delapan jam. Bentuk lintasannya bukanlah lingkaran sempurna, melainkan oval. Oleh karena itu, ada titik terjauh dan titik terdekat dari bumi. Bulan berposisi terdekat dengan bumi pada jarak 360 ribu kilometer. Adapun titik terjauhnya, yakni 405 ribu kilometer dari bumi.

Dalam beberapa jam lagi, bulan akan mencapai titik terdekatnya itu. Lantaran lebih dekat, maka penampakan bulan purnama kali ini akan lebih besar dari biasanya. Supermoon dapat dilihat dengan mata telanjang. Kamera dengan resolusi yang prima akan bisa mengabadikan momentum langka ini.

creative people.. Jangan sampai terlewat. Sebab, supermoon hanya akan muncul lagi kelak pada 25 November 2034. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga