News Kereta Api Kelas Ekonomi (K3) New Image Mulai Dioperasikan

Kereta Api Kelas Ekonomi (K3) New Image Mulai Dioperasikan

sisiusaha (20/10)

creative people.. Beberapa hari terakhir ini, tampilan baru kereta kelas Ekonomi di Indonesia sedang menjadi trending topic di kalangan railfans. Di media sosial dan forum diskusi banyak beredar foto dari produk terbaru buatan PT Industri Kereta Api (INKA).

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengganti rangkaian KA lama yang berusia di atas 20 tahun, di antaranya KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Bahari relasi Cirebon-Gambir. Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro menyebutkan, rangkaian kereta pada dua KA itu khususnya kelas Bisnis (K2) diganti dengan rangkaian kereta baru kelas 'Ekonomi New Image' atau K3 New. Rangkaian kereta baru pengganti K2 ini dioperasikan mulai 18 Oktober 2016.

"Mulai diganti pada 18 Oktober 2016, replace sarana dengan pertimbangan peningkatan pelayanan KA jarak menengah dan peningkatan standar keselamatan sarana dengan K3 new," jelasnya di Cirebon, Rabu (19/10/2016).

Dia menyatakan, secara bertahap PT KAI mulai mengganti rangkaian kereta lama dengan yang baru sejak 2015. Ke depan, KAI hanya akan menerapkan dua status kelas saja, yakni eksekutif dan ekonomi.

Penggantian kereta sendiri menyebabkan perubahan kelas dan tarif. Meski begitu, dia meyakinkan, fasilitas yang disediakan tak jauh berbeda, bahkan lebih baik. Karena itu, bagi penumpang yang telah memesan dan membeli tiket KA kelas bisnis akan mendapat pengembalian bea hari itu juga di stasiun tujuan.

Dia memastikan, KA jenis K3 full AC dirancang lebih apik dengan kapasitas 80 tempat duduk, serta konfigurasi masing-masing dua seat pada kanan dan kiri. Selain itu, terdapat satu rangkaian kereta K3 berkonsep ramah penyandang difabel. "AC yang digunakan berupa AC split, fasilitas TV di tengah dan di ujung. Selain itu dilengkapi penutup jendela 'rolling blind'. Kereta ini juga ramah penyandang difabel," tandasnya. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga