News 3 Industri Kreatif Penyumbang PDB Terbesar

3 Industri Kreatif Penyumbang PDB Terbesar

sisiusaha (18/10)

creative people.. Tak dapat dipungkiri ekonomi dan insdustri kreatif menjadi faktor penting terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia akan berfokus pada ekonomi kreatif yang kontribusinya terhadap PDB cukup tinggi. Industri tersebut, antara lain adalah fashion, kerajinan tangan (craft) dan kuliner.

"Tiga besar yang itu saja sudah berkontribusi 50 persen lebih kepada PDB Nasional," ungkap Deputi II Bidang Akses Permodalan Kementerian Perdagangan (Kemendag) Fadjar Hutomo di Trade Expo Indonesia, JIEXPO Kemayoran, Sabtu (15/10/2016).

Namun, dia menyatakan Bekraf belum menunjukkan ketertarikannya terhadap potensi ekonomi di bidang Performance Art (Seni Pertunjukkan). Menurutnya, saat ini belum banyak usaha-usaha kreatif dari yang hidup dari seni pertunjukan secara kuat dan mantap.

"Mungkin juga sebagian dari kita dikasih undangan nonton seni pertunjukkan saja belum tentu ada yang mau‎, apalagi disuruh beli?," jelas dia. Dia menambahkan, potensi keseluruhan sektor ekonomi kreatif terhadap PDB nasional diperkirakan mencapai Rp700 triliun.

Sehingga, Bekraf akan meningkatkan potensi ketiga sektor yang berkontribusi paling besar itu ketimbang sektor yang masih lemah secara komersial seperti seni pertunjukan. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga