Trivia Nasi Cikur, Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Nikmat

Nasi Cikur, Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Nikmat

sisiusaha (29/9)

creative people.. Menurut bahasa, Tasikmalaya merupakan gabungan dua suku kata yaitu "Tasik" yang artinya danau atau laut dan kata "Malayah" yang artinya deretan pegunungan yang bertebaran. Kalau digabungkan berarti daerah atau wilayah pegunungan yang bertebaran dan banyak danaunya.

Tasikmalaya populer dengan banyaknya pedagang dengan sistem kredit. Banyak penduduk asli punya profesi sebagai pedagang dan merantau ke daerah-daerah lain. Tentu karena di Tasikmalaya memiliki produk atau hasil yang melimpah sehingga harus dipasarkan ke luar daerah.

Selain itu Tasikmalaya juga terkenal dengan masyarakatnya menjunjung tinggi nilai religi yang kuat, kerajinan bordir, kelom geulis dan pemandangan alamnya, Tasikmalaya juga memiliki berbagai kuliner khas. Kali ini kita mencoba mencicipi nasi cikur, salah satu kuliner khas Tasikmalaya.

Olahan nasi cikur ini sepintas terlihat sederhana, tapi bila sudah dicicipi hati-hati kalau ketagihan, karena aroma nasi dan bawang gorengnya sangat meresap sekali dengan olahan ini. Cikur sendiri adalah nama lain dari kencur, namun yang terkenal di daerah jawa barat khususnya daerah sunda adalah sebutan cikur. Jadi bila anda berkunjung ke daerah Tasikmalaya atau daerah sunda dan ingin menanyakan kencur, maka sebut saja cikur, karena sebutan itulah yang familiar di daerah tersebut.

Bahan pembuatan nasi cikur ini sangat sederhana sekali, bahkan tidak telalu repot untuk mencarinya, karena hanya membutuhkan kencur (cikur), bawang merah, cabe, garam, dan tentunya nasi putih untuk bahan utamanya. Namun bila ingin lebih spesial anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya, agar sajian nasi cikur ini bisa tambah istimewa.

Kalau kebetulan sedang berada di kota Tasikmalaya, di Jalan Panyerutan hingga jalan Tentara Pelajar Tasikmalaya, tepatnya di pertigaannya terdapat warung makanan yang menjual nasi cikur. Meskipun terlihat sederhana, namun setelah mencoba, pasti langsung terhenyak karena rasanya sangat nikmat. Apalagi kuliner khas Tasikmalaya ini tergolong murah jadi semakin lengkap nikmatnya. (RED)


Baca Juga:

Hawu Nini Resto Tasikmalaya Perpaduan Cita Rasa Dan Suasana Prima

Jurus Sang Bupati UU 'Menjual' Tasikmalaya Melalui Beras Organik

Jalan Jalan Ke Kampung Naga

Rekomendasi

Baca Juga