News Telkomsel Gelar Kompetisi Bikin Video Pendek Bertema 'connecting lives' Di Jogja

Telkomsel Gelar Kompetisi Bikin Video Pendek Bertema 'connecting lives' Di Jogja

sisiusaha (14/9)

creative people.. Industri film merupakan salah satu bagian dari ekonomi kreatif. Telah banyak dihasilkan film yang berkualitas baik dari segi cerita maupun teknik cinematograpi dari kalangan pembuat film tanah air. Dalam rangka menggali dan meningkatkan potensi bagi pembuat film atau video pendek, Telkomsel menggelar kompetisi video pendek di Jogja.

Kompetisi video pendek ini dibuka untuk umum dan mengambil tema connecting lives. Pemenang dari kompetisi ini akan dikirim ke Bangkok untuk mewakili Indonesia di ajang The 5-Min Video Challenge. Untuk menarik minat moviemaker di Yogyakarta, Telkomsel melakukan workshop moviemaker di Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin (5/9). Workshop ini menghadirkan sutradara muda Indonesia Fajar Nugros. Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta juga ikut dalam kesempatan itu.

Menurut General Manager (GM) Sales Region Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta, Djony Heru Suprijana, kompetisi yang digelar Telkomsel ini merupakan kesempatan bagi filmaker dan videomaker Indonesia termasuk Yogyakarta agar karyanya lebih dikenal hingga tingkat internasional. "Melalui kompetisi ini juga kita berharap dari Kota Yogyakarta akan lahir moviemaker muda yang mendunia," ujarnya.

Program ini menurut Djony, diinisiasi salah satu pemegang saham Telkomsel yaitu Singtel Group. Kompetisi ini pun diikuti semua operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group yaitu Singtel sendiri (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina) dan Telkomsel (Indonesia).

Kompetisi ini terbagi dalam kategori domesik dan regional yang bertujuan untuk menghubungkan para pengguna seluler melalui konten video. Dari hasil kompetisi setiap negara akan diambil dua untuk dikirim ke Bangkok mengikuti final kompetisi tersebut bersama 7 negara lain. Peserta bisa mengirimkan karyanya ke Telkomsel melalui website resmi perusahaan tersebut.

Karya peserta ditunggu hingga 30 September mendatang dan diambil lima terbaik oleh dewan juri pada 3-7 Oktober. Lima karrya terbaik akan dipublish ke konsumen Telkomsel dan dua karya yang paling diminati akan dikirim ke Bangkok.

Kompetisi video chalenge ini memperebutkan hadiah Rp 50 juta untuk juara I dan Rp 25 juta untuk juara 2. Sedangkan kompetis di Bangkok memperebutkan penghargaan sebesar 30 ribu dolar AS dan 15 ribu dolar AS. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga