News Potensi Pariwisata di Bandung

Potensi Pariwisata di Bandung

Bandung (5/6)

Kota Bandung merupakan salah satu kota destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan, baik wisatawan dari wilayah Jawa Barat sendiri, nasional, maupun internasional. Hal ini dikarenakan besarnya potensi pariwisata di Bandung.

Selain itu, status Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat, menjadikan kota dengan julukan kembang ini memiliki perputaran uang terbesar di Jawa Barat, dan salah satu penggeraknya adalah sektor pariwisata. Tim sisiusaha.com telah menganalisa dan merumuskan beberapa tempat dengan daya tarik wisata yang tinggi.

Berikut adalah sektor-sektor potensial bagi industri pariwisata di bandung:

• Wisata Alam

Wisata Alam merupakan tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Karena dengan berkunjung ke jenis wisata seperti ini dapat membuat pikiran menjadi segar kembali setelah menjalani rutinitas padat yang biasa dialami oleh masyarakat perkotaan.

Bandung memiliki banyak sekali potensi pada jenis wisata ini, seperti kawah, pegunungan, air terjun, danau dan masih banyak lagi fenomena-fenomena alam yang berpotensi sebagai wisata alam di Bandung.

• Wisata Religi

Di Bandung banyak sekali tempat yang memiliki nilai-nilai religius, seperti masjid raya, masjid agung, Pusdai (Pusat Dakwah Islam), Kampung Mahmud (makam Eyang Dalem Abdul Manaf), dan banyaknya pesantren semakin memperbesar potensi wisata religi di Kota kembang ini.

Untuk wisata religi non-muslim, Bandung memiliki Gereja Katedral Santo Petrus, dan Goa Maria Karmel yang banyak dikunjungi oleh umat Katolik, serta Kelenteng Satya Budhi yang juga sering dikunjungi oleh umat Budha, Kong Hu Chu, dan Taoisme.

• Wisata Belanja

Potensi wisata belanja di Bandung sangatlah besar, sehubungan dengan pesatnya perkembangan industri fashion, tidak sedikit pelaku usaha yang membuka bisnis Factory Outlet (FO), dan juga Distro (distribution store). Di Kota Bandung sendiri, kawasan Dago merupakan salah satu kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berbelanja kebutuhan fashionnya, selain Dago terdapat juga kawasan lain yang tidak kalah kualitasnya seperti Jl. Riau yang juga terdapat banyak Factory Outlet (FO) serta distro-distro lain.

Selain fashion, Bandung juga banyak menyediakan tempat belanja lain, seperti kuliner, pernak-pernik, dan pajangan, untuk para wisatawan yang ingin menjadikannya sebagai buah tangan (oleh-oleh).

• Wisata Kuliner

Wisata kuliner di Bandung sangat beragam, dari mulai menu masakan nusantara hingga menu kuliner mancanegara ditawarkan Bandung kepada para wisatawan. Banyaknya pilihan tempat untuk berwisata kuliner di Bandung membuat para wisatawan bebas memilih berdasarkan selera dan harga. Seperti daerah Lembang, Setiabudi, Dago serta daerah lainnya yang banyak sekali menyajikan pilihan kuliner bagi para wisatawan.

• Wisata Edukasi

Tempat wisata edukasi bisa jadi alternatif untuk mengisi masa liburan bersama sang buah hati. Wisata edukasi artinya kita tak hanya mendapat hiburan yang menyenangkan, namun akan menambah wawasan tentang berbagai hal yang mungkin belum pernah kita ketahui. Di Bandung sendiri ada beberapa tempat destinasi wisata yang bersifat edukasi, seperti kebun binatang, Museum Geologi, Jendela Alam, Taman Kupu, Taman Stroberi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

• Wisata Budaya

Bandung merupakan salah satu Kota di Indonesia yang sangat lekat akan budaya, maka tidak heran wisata budaya di Bandung mempunyai potensi yang sangat besar. Sebut saja Saung Angklung Ujo, Tempat yang satu ini menjadi tempat pelestarian alat musik Angklung, Angklung adalah alat musik asli Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki suara dan irama yang khas ketika dimainkan. Di Saung Angklung Ujo, wisatawan akan diajari bagaimana cara memainkan Angklung dalam sebuah pertunjukan yang memukau.

Selain Saung Angklung Ujo ada Padepokan Pasir Kunci, Rumah Adat Cikondang, Topeng Benjang, dan masih banyak lagi destinasi wisata budaya di Bandung yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa sektor di atas menjadi alasan betapa menjanjikannya industri pariwisata di Bandung. Oleh karena itu, kita tidak perlu heran, sejak zaman penjajahan, Bandung telah dijuluki sebagai Paris van Java. Sekarang, tinggal bagaimana masyarakat Bandung mencari celah untuk menjalankan usaha kreatinya sendiri. (AGS)

Rekomendasi

Baca Juga